5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget, Penting Membatasi Waktu Penggunaan

Wiwie Heriyani
Senin 19 September 2022 06:35 WIB
5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget, Penting Membatasi Waktu Penggunaan
Cara menngatasi anak kecanduan gadget. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara mengatasi anak kecanduan gadget sering kali dicari para orangtua. Mereka khawatir jika perkembangan motorik sang anak terganggu. 

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi anak yang telah kecanduan gadget. Simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari beberapa sumber, Senin (19/9/2022).

Cara mengatasi anak kecanduan gadget 

1. Membatasi waktu penggunaan

Penggunaan gadget sebaiknya sesuai dengan rekomendasi kelompok umurnya. Berikut pedoman screen time dari The American Academy of Pediatrics yang bisa dilakukan : 

  • Anak-anak di bawah usia dua tahun: sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, termasuk TV, handphone dan tablet.
  • Anak-anak usia dua sampai empat tahun: kurang dari satu jam sehari.
  • Usia lima tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional (di luar kebutuhan belajar).

2. Atur jadwal dan perbanyak aktivitas langsung

Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

Catherine Steiner Adair, seorang peneliti di Harvard Medical School sekaligus penulis buku The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationship in The Digital Age, menjelaskan tips mengasuh anak di era digital.
 
Di berkata bahwa untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget, pastikan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan belajar secara langsung bukan dari layar.

Selain mencegah dari ketergantungan pada ponsel, bermain di luar ruangan bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh anak.

3. Tegas dan konsisten

Melepaskan anak dari gadget kesayangannya dapat membuatnya tantrum. Kondisi ini memang sulit dihadapi. Akan tetapi ingat, Anda harus tetap tegas untuk menerapkan aturan yang sudah dibuat.

Jangan sampai Anda iba dengan rengekan si kecil. Ingat selalu tujuan Anda yaitu mengatasi anak dari kecanduan gadget yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi masa depannya. 
 
Tantrum memang situasi yang merepotkan namun, yakinlah hal itu hanya terjadi di awal saja. Bila tetap konsisten, Anda akan memperoleh manfaat yang jauh lebih besar.

4. Memberi contoh yang baik

Dikutip dari situs Common Sense Media, salah satu cara mengatasi anak dari kecanduan HP yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh yang baik.

Jika Anda tidak ingin si kecil sibuk bermain smartphone, Anda sendiri juga harus mampu mengatur waktu untuk menggunakan alat tersebut secara bijak.

Jangan sampai Anda melarang anaknya tetapi Anda sendiri masih terus menempel pada gadget. Larangan Anda tentu tidak akan membuahkan hasil.

5. Terapkan pola asuh orangtua zaman dulu

Tahukan Anda, orangtua di masa lalu tetap bisa melaksanakan semua pekerjaan dengan baik di saat belum ada penemuan teknologi tersebut sama sekali.

Hal itu bisa jadi karena mereka pandai mengatur waktu dengan baik antara mengasuh anak sekaligus mengurus rumah tangga. 

Anak-anak di masa lalu juga sudah banyak membantu pekerjaan orangtuanya sejak usia dini. Selain meringankan pekerjaan Anda, hal itu juga dapat melatih kemandirian anak.

Demi mengatasi anak dari kecanduan gadget, cobalah menerapkan kembali gaya pengasuhan jaman dulu. Anggap saja perangkat tersebut tidak ada dalam kehidupan kita.

Editor : Endang Oktaviyanti