Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar lewat Website dan Aplikasi

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 25 Januari 2023 11:30 WIB
Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar lewat Website dan Aplikasi
Cara mengatasi IMEI tidak terdaftar dapat dilakukan dengan mendaftarkan IMEI HP di situs atau aplikasi kementerian. (Foto: celebrities.id/Instagram @iboxindonesia)

JAKARTA, celebrities.id - Cara mengatasi IMEI tidak terdaftar dapat menambah informasi bermanfaat ketika gadget atau smartphone baru kamu tidak muncul jaringan karena terblokir. 

IMEI merupakan nomor unik untuk mengidentifikasi ponsel GSM, WCDMA dan iDEN. IMEI digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan tidak memiliki hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan. 

Nomor tersebut digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat yang valid. Oleh karena itu dapat digunakan untuk menghentikan telepon yang dicuri agar tidak dapat mengakses jaringan di negara tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2023), celebrities.id telah merangkum cara mengatasi IMEI tidak terdaftar, sebagai berikut.

Alasan HP Terkena Blokir IMEI

Pemblokiran IMEI pada beberapa smartphone atau adanya daftar hitam tersebut berasal dari dampak adanya pencurian banyak ponsel di dunia. Daftar hitam membuat ponsel cerdas tidak menjadi target penjahat dengan membuat penjualan kembali hampir tidak mungkin dilakukan.

Tidak seperti kartu SIM yang dapat diganti, nomor IMEI terhubung secara unik ke perangkat tersebut. IMEI juga memudahkan operator untuk melacak ponsel yang hilang dan dicuri untuk menguncinya dari jaringan seluler. 

Selain menghentikan penjahat, konsumen diberi kemampuan untuk memeriksa apakah perangkat bekas dilaporkan hilang atau dicuri sebelum melakukan kesalahan dengan membelinya.

Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar

a. Mendaftarkan IMEI HP via Website Bea Cukai

Caranya buka situs web Bea Cukai kemudian isi personal data dan list data barang. Setelah itu, upload surat karantina (jika ada), isi kode captcha dan klik Send. Tunggu QR Code dan Registration ID muncul. Lalu, kamu perlu datang ke kantor Bea Cukai untuk scanning QR Code di bagian pemeriksaan Bea Cukai.

b. Mendaftarkan IMEI HP via Aplikasi Mobile Bea Cukai

Caranya download dan instal aplikasi Mobile Bea Cukai di Play Store atau App Store lalu buka aplikasinya. Setelah itu, klik IMEI dan isi data diri. Isi detail barang (merek, tipe, dan nomor IMEI). Jika sudah benar, klik Complete. Tunggu QR Code dan Registration ID muncul. Datangi ke kantor Bea Cukai untuk scanning QR Code di bagian pemeriksaan Bea Cukai.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2