7 Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot, Gampang Kok!

Iqbal Widiarko
Senin 19 September 2022 15:56 WIB
7 Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot, Gampang Kok!
Ada beberapa cara mengatasi jaringan 4G yang lemot. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara mengatasi jaringan 4G yang lemot dapat menambah wawasan kamu terkait dengan penggunaan smartphone dalam kegiatan sehari-hari.

Koneksi data yang lambat di ponsel umumnya disebabkan oleh koneksi yang buruk di sekitar lokasi, traffic jaringan atau terlalu banyak aplikasi latar belakang yang berjalan. 

Kamu dapat membersihkan ponsel dengan cara menghapus cache browsernya untuk membantu memulai awal jaringan yang baru. Pastikan juga kuota internet yang dimiliki masih tersedia dan belum habis masa berlakunya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Senin (19/9/2022) telah merangkum cara mengatasi jaringan 4G yang lemot, seperti berikut.

Apa Itu Jaringan 4G?

Fourth-Generation Network pertama kali diciptakan oleh Ericsson pada tahun 2008. Istilah ini mengacu pada jaringan seluler generasi keempat yang menyediakan kecepatan data lebih tinggi untuk koneksi seluler lebih cepat daripada pendahulunya.

Umumnya dipasarkan sebagai kemampuan kecepatan broadband pada awalnya. Tiga generasi sebelumnya adalah Generasi Pertama (GSM), Generasi Kedua (CDMA/TDMA), dan Generasi Ketiga (W-CDMA/HSPA).

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

1. Aktifkan dan Nonaktifkan Kembali Mode Pesawat

Menghidupkan dan mematikan mode Pesawat mungkin merupakan solusi paling praktis yang dapat kamu coba. Kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat dari panel pengaturan cepat.

Jika tidak ada, kamu dapat membuka Pengaturan, Jaringan Seluler, lalu pilih Mode pesawat. Aktifkan mode pesawat selama sekitar 20 detik atau lebih. Matikan lagi untuk menyambungkan kembali jaringan internet.

2. Mengatur Jaringan Seluler ke Setting Otomatis

Jaringan data seluler menyediakan tiga atau lebih sedikit opsi jaringan berdasarkan SIM yakni 2G, 3G, dan 4G. Dalam beberapa kasus, jaringan 4G mungkin ada tetapi tidak cukup kuat untuk memberikan kecepatan yang baik dan jaringan 2G/3G mungkin memberikan kecepatan yang lebih baik.

 

1
/
2