7 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Permanen

Ria Nurjayanti
Minggu 14 November 2021 14:05 WIB
7 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Permanen
Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Permanen. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi kulit kering? Kulit merupakan bagian yang sangat penting dari tubuh yang kita miliki. Dari kepala hingga kaki bagian luar tubuh kita merupakan kulit.

Tidak sedikit orang mengalami masalah kulit yang kering. Kulit yang kering terjadi karena kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban yang cukup. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kulit kering. Seperti, seringnya mandi, penggunaan sabun yang terlalu keras, penuaan, seringnya mencuci tangan penggunaan sanitizer, atau kondisi medis tertentu. Bagi mereka yang berada dalam iklim yang dingin itu juga dapat menjadi penyebab kulit menjadi kering. 

Saat kulit pada kondisi kering, kulit juga menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap ruam dan kerusakan kulit. Istilah medis untuk kulit kering disebut adalah xerosis. Untungnya kulit yang kering, biasanya dapat dengan mudah diatasi.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (14/11/2021), ada berbagai cara mengatasi kulit kering, berikut sudah Celebrities.id rangkum mengenai cara mengatasi kulit kering yang mudah dan murah.

1. Gunakan Pelembab

Pelembab sangat dibutuhkan bagi kulit kita. Karena biasanya pelembab mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk kulit. Seperti vitamin A, B5, C dan E yang sangat dibutuhkan kulit. Gunakan pelembab lebih sering dan teratur. 

2. Jangan Terlalu Sering Mandi

Mandi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk membersihkan tubuh. Namun, jika terlalu sering mandi atau terlalu lama juga tidak baik, karena dapat menghilangkan sebagian besar lapisan berminyak pada kulit dan menyebabkannya kehilangan kelembapan. Mandi selama 5 hingga 10 menit setiap hari sudah cukup nih celeb hitz.

3. Gunakan Air Hangat Saat Mandi

Penggunaan air yang terlalu panas juga dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit kita. Jadi gunakanlah air hangat atau air biasa.

4. Minimalkan Penggunaan Sabun

Sabun mengandung beberapa hal yang dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Gunakanlah pembersih yang bebas sabun. Atau jika menggunakan sabun alangkah baiknya untuk menyediakan pelembab juga.

5. Hindari Pemakaian Spons Mandi

Hindari pemakaian spons, sikat gosok, dan waslap. Jika tetap ingin menggunakannya pastikan untuk sentuhan yang ringan.

6. Hindari Menggosok dengan Handuk

Saat kamu mengeringkan kulit, hindari untuk menggosoknya, tetapi tepuk lah. Hal ini penting dilakukan dalam cara mengatasi kulit kering.

7. Hindari Menggaruk Kulit

Jika kulit terasa gatal gunakanlah pelembab, sebagian besar pelembab dapat mengontrol rasa gatal atau mengompresnya dengan air dingin untuk menghilangkan bintik-bintik akibat gatal.

Demikianlah cara mengatasi kulit kering dengan mudah. Cara ini dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga dan mengatasi kulit kering.

Editor : Endang Oktaviyanti