Cara Mengetahui Besaran Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online, Berikut Penjelasannya

Bertold Ananda
Sabtu 30 Oktober 2021 17:10 WIB
Cara Mengetahui Besaran Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online, Berikut Penjelasannya
Cara mengetahui besaran pajak kendaraan bermotor secara online. (Foto: Samsat Digital)

JAKARTA, celebrities.id - Membayar pajak kendaraan bermotor merupakan hal wajib yang dipenuhi pemilik. Sebagai warga Indonesia yang baik hal itu merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi. 

Namun, pasti akan terasa malas dan membosankan bila harus datang pagi untuk dapat antrean cepat, perihal mengetahui  besaran pajak kendaraan Anda.

Sekarang ini Anda tidak perlu khawatir sebab ada cara mengetahui besaran pajak kendaraan secara online loh. Tidak perlu buang waktu mengantre di kantor di Samsat terdekat, kini Anda bisa lakukan pengecekan pajak sambil rebahan. Bagaimana mekanismenya?

Berikut ini cara mengetahui besaran pajak kendaraan secara online dirangkum dari beberapa sumber (28/10/2021):

1. Aplikasi Pajak Online

Saat ini Anda bisa lakukan pengecekan terkait besaran pajak kendaraan  melalui aplikasi yang tersedia, yakni di Google playstore dan Apple iOS Store. 

Caranya Anda dapat mengunduh  aplikasi tersebut melalui smartphone dan untuk setiap daerah. Selalu memastikan bahwa Anda mendownload dari pengembang resmi E-Samsat, berikut caranya:

-  Buka aplikasi.
-  Lakukan  Pendaftaran secara Online.
-  Silahkan isi Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB)/nomor plat kendaraan anda
-  Untuk bagian informasi pajak kendaraan terdapat sebuah pilihan untuk Lanjutkan Daftar Online atau tidak. Klik YA untuk melanjutkan menu membayar PKB secara online.
- Kemudian Anda diperkenankan untuk memasukkan nomor e-KTP pemilik kendaraan
- Selanjutkan aplikasi tersebut akan menampilkan sebanyak enam pasal ketentuan kemudian klik setujui untuk dapat melanjutkan membayar PKB secara online
-  Pada menu selanjutnya akan muncul kode bayar dan informasi biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan
-  Apabila Anda pemilik kendaraan ingin membayar secara online, maka klik tombol YA lalu akan muncul opsi bank yang dapat digunakan untuk membayar PKB
-  Lalu akan muncul secara otomatis metode pembayaran seperti Mobile Banking, Internet Banking, E-Samsat dll.

 

1
/
2