Cara Mengetahui dan Mendapatkan Kode EFIN Pajak Online, Bisa lewat Media Sosial

Iqbal Widiarko
Jumat 13 Mei 2022 11:36 WIB
Cara Mengetahui dan Mendapatkan Kode EFIN Pajak Online, Bisa lewat Media Sosial
Cara mengetahui dan mendapatkan kode EFIN pajak online perlu diketahui para wajib pajak. (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara mengetahui dan mendapatkan kode EFIN pajak online ternyata cukup mudah. 

Electronic Filing Identification Number sendiri adalah nomor identitas bagi wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan secara elektronik. 

Salah satunya diperlukan saat registrasi pendaftaran akun DJP online atau akun PJAP atau ASP mitra resmi Dirjen Pajak. EFIN berlaku seumur hidup dan dapat digunakan oleh wajib pajak untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online.

Bagi wajib pajak yang sudah terdaftar, EFIN juga diperlukan untuk melakukan reset password mau pun email di situs aplikasi DJP Online saat akan melaporkan SPT mau pun layanan pajak lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022), celebrities.id telah merangkum cara mengetahui dan mendapatkan kode EFIN pajak online. Berikut ulasannya.

Cara Mengetahui dan Mendapatkan Kode EFIN Pajak Online

1. Via Telepon Nomor Resmi KPP

Para wajib pajak dapat menyampaikan permohonan layanan lupa EFIN melalui nomor telepon resmi KPP. Nomor telepon resmi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat kita terdaftar dapat dilihat pada link www.pajak.go.id/unit-kerja.

Perlu diperhatikan, satu panggilan telepon/whatsapp call dari wajib pajak hanya untuk satu permohonan layanan lupa EFIN pajak. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyalahgunaan kode EFIN wajib pajak. Untuk memastikan penelepon tersebut adalah wajib pajak yang bersangkutan petugas akan melakukan verifikasi dan membutuhkan data Proof of Record Ownership (PORO).

PORO merupakan proses konfirmasi data wajib pajak untuk memastikan bahwa yang menelepon atau melakukan permohonan melalui surel, adalah wajib pajak/pengurus badan yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan data wajib pajak dan mencegah penyalahgunaan data wajib pajak. 

2. Via Email Resmi KPP

Para wajib pajak juga dapat menyampaikan permohonan lupa EFIN pajak melalui surel atau email resmi KPP. Satu surel wajib pajak hanya dapat digunakan untuk satu permohonan layanan lupa EFIN.

Permohonan wajib pajak lewat surel dilengkapi PORO sebagaimana permohonan lupa password EFIN yang dilakukan lewat nomor resmi KPP sebelumnya. Syarat mengajukan permohonan lupa EFIN lewat e-mail resmi KKP yang harus dikirimkan yaitu:

a. Scan formulir permohonan EFIN, centang pada jenis permohonan cetak ulang. Formulirnya dapat diunduh di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN. Pastikan nomor telepon dan surel yang ditulis di formulir masih aktif.

b. Foto identitas (KTP bagi WNI, KITAP/KITAS bagi WNA) Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP Swafoto/selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP Petugas melakukan pengecekan kesesuaian data yang diberikan oleh wajib pajak dengan database DJP. Apabila semua data sesuai, petugas akan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF melalui surel.

 

1
/
2