5 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut, Terasa Beda saat Ditekan

Bertold Ananda
Rabu 11 Mei 2022 17:34 WIB
5 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut, Terasa Beda saat Ditekan
Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut akan terasa jika ditekan. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara mengetahui kehamilan ternyata tidak hanya dilihat dari perubahan fisik dan pola nafsu makan saja. Ciri kehamilan juga dapat diketahui dengan cara memegang perut.

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut bisa dilakukan dengan menekannya dan akan terasa berbeda. 

Perut yang buncit biasanya menjadi tanda paling mudah untuk mengetahui kehamilan. Meski begitu, tidak semua perut buncit pada wanita menjadi awal kehamilan. Saat hamil, wanita juga akan merasa ada perubahan yang berbeda di bagian perut.

Berikut celebrities.id merangkum dari beberapa sumber, Rabu (11/5/2022) mengenai cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

1. Sang ibu akan mual bila perutnya ditekan

Cara mengetahui kehamilan pertama yaitu sang ibu akan mual ketika perutnya ditekan. Jika kamu mengalami kondisi seperti itu, maka dapat menjadi pertanda bahwa kamu sedang hamil. Sebagai validasi segera melakukan tes kehamilan maupun berkunjung ke dokter untuk hasil yang lebih akurat. Sebab banyak juga yang keliru bahwa ternyata sang ibu hanya  mengalami penyakit maag yang membuat perutnya mual saat ditekan.

2. Perut membesar tapi bukan karena lemak

Cara kedua dalam mendeteksi kehamilan yakni dengan membesarnya perut secara tiba-tiba. Ketika kamu merasakan perut membesar setiap waktunya maka cobalah untuk menekannya. Apabila dengan menekan perut kamu tidak mual maka berarti kamu sedang mengalami kegemukan.
Sebaliknya apabila kamu merasa mual dan ingin muntah saat menekan perut, itu menjadi pertanda bahwa kamu sedang hamil. Segera periksakan kandungan awal kamu ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Perut mengalami kram saat ditekan

Cara mengetahui kehamilan selanjutnya yaitu perut mengalami kram saat ditekan. Hal itu disebabkan karena perut ibu hamil secara tidak langsung akan terhubung pada otot, sendi dan pembuluh darah lainnya. Namun hal itu bersifat wajar dan tidak perlu panik. Nyeri perut yang dialami sebenarnya sama dengan wanita saat menstruasi. Namun ritme waktunya saja yang membedakan.

 

1
/
2