Cara Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan, Cukup dengan Smartphone

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 05 Oktober 2022 13:36 WIB
Cara Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan, Cukup dengan Smartphone
Cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan cukup mudah. (Foto: laman PCare BPJS Kesehatan)

JAKARTA, celebrities.id - Cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan dapat menambah wawasan menarik kamu terkait aplikasi kesehatan yang dirilis Kementerian Kesehatan.

Primary Care BPJS kesehatan merupakan aplikasi sistem informasi pelayanan pasien berbasis website yang disediakan oleh BPJS Kesehatan dan diperuntukkan bagi para fasilitas kesehatan primer untuk memberikan kemudahan akses data ke server BPJS baik itu pendaftaran, penegakan diagnosa, terapi, hingga pelayanan laboratorium.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (5/10/2022), celebrities.id telah merangkum cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Berikut ulasannya.

Apa Itu Aplikasi PCare BPJS Kesehatan?

Menilik dalam laman BPJS Kesehatan, Primary Care (P-Care) BPJS Kesehatan merupakan sistem informasi pelayanan pasien peserta BPJS Kesehatan yang dapat diakses secara online khusus untuk pengguna fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Aplikasi ini mengandung sistem informasi untuk pelayanan pasien BPJS Kesehatan sehingga menjadi lebih mudah seperti pendaftaran pasien, penegakan diagnosa, terapi pengobatan dan pelayanan laboratorium.

Aplikasi ini dirilis pada tahun 2014 dan terus dikembangkan fungsi serta kegunaanya supaya dapat disesuaikan dengan kebutuhan data faskes terkini. Melalui aplikasi Primary Care BPJS, faskes bisa mengakses data langsung ke server BPJS. Disamping melalui komputer, aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan juga bisa diakses melalui aplikasi di Google Play Store untuk pengguna Android.

Cara Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

a. Pertama, kamu perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna PCare.
b. Setelah terdaftar, kamu akan memperoleh username dan password untuk masuk ke laman PCare di http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id.
c. Kemudian, setelah username dan password sesuai data yang teregistrasi, pilih laman pelayanan.
d. Lalu, lengkapi data pasien yang terdiri dari jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah dan data lainnya.
e. Setelah itu, klik “Simpan” Lalu dan masuk kembali ke entri data, pilih menu “Pelayanan”.
f. Kemudian isi data pelayanan mulai dari kolom terapi dan diagnosis, klik “Simpan”.

Editor : Oktiani Endarwati