4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Cepat dan Ampuh

Alvira Onawa Kinanti
Minggu 14 November 2021 12:47 WIB
4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Cepat dan Ampuh
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Cepat dan Ampuh. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Jerawat dapat membuat kita frustasi, pasalnya jerawat dapat meninggalkan bekas di wajah dan kita butuh cara menghilangkan bekas jerawat tersebut. Bagi beberapa orang bekas jerawat bisa menyebabkan kekhawatiran dan sebagai pengingat yang tidak diinginkan dari kondisi yang menyakitkan dan mengganggu, tetapi bekas jerawat dapat dihilangkan dengan menggunakan produk untuk perawatan atau dengan bahan alami.

Bekas jerawat tidak harus permanen, karena ada berbagai cara menghilangkan bekas jerawat, salah satunya lewat produk perawatan wajah yang dapat kita lakukan sendiri di rumah.

Melansir dari MedicalNewsToday, Minggu (14/11/2021) berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dan produk perawatannya untuk Celeb Hitz. 

1. Salicylic Acid 

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan senyawa alami yang sering digunakan untuk bahan dalam produk perawatan kulit wajah berjerawat. Salicylic acid dapat membantu membersihkan kotoran pada sel-sel kulit dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat dari pori-pori kulit.

Salicylic acid juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada area wajah yang berjerawat tersebut. Tetapi untuk orang dengan kulit sensitif harus dicoba terlebih dahulu di area kecil pada kulit sebelum menggunakannya pada wajah, karena salicylic acid dapat menyebabkan kulit kering atau iritasi.

2. Retinoid

Retinoid bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, selain itu juga bisa mengurangi peradangan, mengurangi lesi jerawat, dan mempercepat regenerasi sel kulit. Dalam penggunaan retinoid disarankan untuk juga menggunakan sunscreen pada wajah, karena retinoid dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.

3. Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

Alpha Hydroxy Acids (AHAs) atau asam alfa hidroksi dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. AHA juga bisa membantu mengobati jerawat dan mengurangi munculnya bekas jerawat. 

AHA adalah bentuk dari asam ringan yang dapat mengikis lapisan luar kulit untuk menunjukkan kulit yang segar di bawahnya. Proses tersebut dapat membantu perubahan warna pada kulit karena jaringan parut.

4. Lactic Acid 

Lactic acid atau asam laktat bekerja sebagai pengelupasan yang lembut pada kulit dan menarik sel-sel kulit mati. Lactic acid membantu menguraangi munculnya bekas luka dan menghaluskan tekstur pada kulit. 

Lactic acid juga membantu mencerahkan jaringan parut yang gelap, namun lactic acid juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Untuk meminimalisir terjadinya efek samping yaitu dengan mencoba bahan tersebut terlebih dahulu pada bagian kulit yang kecil sebelum menggunakannya di wajah.

 

1
/
2