11 Cara Menghilangkan Bekas Luka Operasi, Salah Satunya Terapi Laser

Iqbal Widiarko
Jumat 05 Agustus 2022 12:19 WIB
11 Cara Menghilangkan Bekas Luka Operasi, Salah Satunya Terapi Laser
Cara menghilangkan bekas luka operasi sangat bergantung pada tingkat keparahan cedera atau kerusakan kulit. (Foto: freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cara menghilangkan bekas luka operasi dapat menjadi referensi yang bermanfaat dalam penanganan bekas luka pada kulit yang tidak kunjung sembuh.

Umumnya, tingkat keparahan bekas luka didasarkan pada tingkat keparahan cedera atau kerusakan kulit. Luka yang terbentuk secara berbeda di berbagai bagian tubuh juga berdasarkan faktor usia orang yang terluka. 

Sayang, kita tidak dapat mengubah faktor risiko terkait usia. Namun dengan memahami beberapa cara menghilangkan ini setidaknya dapat membantu kamu untuk mengenal langkah yang tepat terhadap karakteristik kulit yang dimiliki.

Kamu juga bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit atau para ahli bedah kulit untuk mencari perawatan terbaik yang dapat dilakukan terhadap luka bekas operasi yang telah dialami.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (5/8/2022) telah merangkum cara menghilangkan bekas luka operasi, sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Operasi

Inilah beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka operasi yang bisa kamu coba, seperti yang dikutip dari laman web MedicineNet.

1. Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya merupakan langkah penting dalam proses perawatan setelah operasi. Tabir surya dengan faktor perlindungan matahari atau SPF 30 ke atas dapat membantu mengurangi perubahan warna (atau hiperpigmentasi bekas luka) dan membantu bekas luka memudar lebih cepat setelah sembuh.

2. Menggunakan Gel Silikon

Gel atau lembaran silikon dapat digunakan pada kulit yang menyembuhkan (bukan luka terbuka) untuk membantu melembutkan dan meratakan bekas luka. Selain itu, gel silikon juga dapat meredakan gatal dan ketidaknyamanan.

Agar efektif, gel atau lembaran silikon harus ditempatkan di atas bekas luka selama 12 jam sehari selama minimal 3 bulan. Tanyakan kepada dokter umum, dokter kulit atau apoteker apakah mereka dapat merekomendasikan perawatan bekas luka berbasis silikon yang cocok untuk kamu atau tidak.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Bernutrisi

Protein, vitamin dan nutrisi lainnya dapat membuat proses penyembuhan kulit setelah operasi lebih cepat. Maka dari itu, penting untuk memberikan tubuh kamu protein yang cukup untuk memungkinkan luka di kulit sembuh.

 

1
/
3