10 Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Mudah dan Murah

Bertold Ananda
Jumat 13 Mei 2022 01:03 WIB
10 Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Mudah dan Murah
Cara menghilangkan karat pada motor. (Foto: Celebrities.id/Instagram: @welovehonda_id)

JAKARTA, Celebrities.id - Cara menghilangkan karat pada motor sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kamu bisa meluangkan waktu untuk mempraktekkan sendiri dirumah.

Karat pada motor disebabkan oleh iklim di Indonesia. Intensitas ujan yang tinggi dan genangan air yang kotor dan mengandung asam membuat komponen kendaraan motor kamu mudah berkarat.

Namun tenang, sebab celebrities.id  bakal membeberkan cara menghilangkan karat pada motor dengan mudah, seperti yang dirangkum dari beberapa sumber, Rabu (09/03/2022) .

Cara menghilangkan karat pada motor

1. Pasta gigi

Cara pertama dan sangat sederhana dalam membersihkan karat pada motor yakni menggunakan pasta gigi. Cairan pembersih gigi ini cukup ampuh dalam membersihkan karat membandel pada komponen motor. Sebab pasta gigi mengandung senyawa fluoride yang dapat membersihkan secara maksimal.

Kamu cukup oleskan bagian motor yang berkarat dengan pasta gigi, kemudian gosokan dan lap menggunakan microfiber. Lakukan berulang kali untuk hasil maksimal.

2. Cuka

Bumbu penyedap dapur seperti cuka juga dipercaya dapat menghilangkan karat pada komponen motor. Hal ini disebabkan cuka mengandung asam tinggi yang  dapat merontokan karat pada besi. Namun hanya cuka apel dan cuka putih yang dianjurkan dalam pembersihan karat pada komponen motor.

3. Air coca cola

Air coca cola tidak hanya menyegarkan untuk diminum saja, namun memiliki kandungan keras dan ampuh untuk merontokan karat.  Pasalnya air coca cola mengandung asam yang tinggi yang dipercaya para bengkel dapat merontokan karat dengan mudah.

Untuk pembersihan yang maksimal kamu perlu melepas komponen dalam motor dan merendamnya kedalam cairan coca cola. Kemudian sikat perlahan dan bersihkan dan keringkan menggunakan lap microfiber.

4. Gunakan bensin

Bensin juga dipercaya para bengkel dapat menghilangkan karat membandel. Namun bensin yang digunakan yakni ron yang tinggi seperti pertamax turbo. Hal itu disebabkan karena bensin yang bagus dapat merontokan kotoran dan karat dengan zat adiktif di dalamnya.

Namun mengaplikasikan pada komponen motor kamu perlu mencampurkan bensin dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Pembersihan komponen motor  yang maksimal sebaiknya kamu gunakan sikat kawat.

 

1
/
3