Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal, Pilih Supplier yang Berkualitas

Iqbal Widiarko
Jumat 13 Mei 2022 13:38 WIB
Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal, Pilih Supplier yang Berkualitas
Cara menjadi dropshipper tanpa modal makin banyak dipelajari masyarakat. (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara menjadi dropshipper tanpa modal makin banyak dipelajari, terkhusus di era pandemi beberapa tahun belakangan. 

Reseller dan dropshipper sendiri merupakan jenis usaha dimana hal utama yang kamu butuhkan adalah smartphone.

Nantinya kamu akan memasarkan atau menjual sebuah produk dari supplier ke orang-orang yang sudah kamu targetkan, kita tidak perlu susah payah mengemas barang tersebut untuk dikirim karena supplier lah nanti yang akan melakukan hal tersebut.

Model bisnis ini membuat dropshipper tidak perlu menyediakan tempat untuk menampung barang yang dibeli pelanggan. 

Dropshipper juga tak perlu mengirimkan barang tersebut satu per satu ke alamat pembeli. Dropship juga sering disebut bisnis tanpa modal uang.

Kamu hanya perlu mempromosikan suatu produk dengan harga yang juga memberi untung buat kamu. Jika ada yang membeli, otomatis sang pembeli membayar langsung harga asli dari produk tersebut dan juga ongkos kirim. Sisa dari biaya yang dibayar pembeli kemudian menjadi keuntungan kamu sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (13/5/2022) telah merangkum cara menjadi dropshipper tanpa modal, sebagai berikut.

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

1. Usahakan Cari Supplier yang Berkualitas

Cari supplier yang akan menawarkan produk yang ingin kamu jual secara teliti, tentunya harus perhatikan kualitas pelayanan serta pengiriman mereka sebelumnya. Karena jika kamu asal-asalan, reputasi toko lah yang akan dipertaruhkan apabila ternyata pengiriman pesanan terlambat atau kualitas dari barang yang dipesan ternyata buruk.

Akan lebih baik lagi kalau kamu mengenal secara personal supplier tersebut, misalnya saudara atau tetangga atau dari lingkaran pertemanan, karena nantinya kamu bisa memantau dan memudahkan proses transaksi.

Kamu juga bisa mencoba membeli satu produk atau barang dari supplier tersebut untuk menilai sendiri apakah mereka layak untuk diandalkan sebagai salah satu supplier dari produk yang dijual.

Sebaiknya kamu juga tidak hanya memilih satu supplier saja, tetapi buatlah daftar pada excel atau buat catatan mengenai siapa saja supplier yang akan kamu gunakan apabila ada yang memesan produk dari kamu, berapa harga jual mereka dan tentunya semakin banyak akan semakin baik.

2. Coba Sesuaikan Harga Jual Terbaru

Salah satu tips untuk memulai bisnis dropshipper adalah menjual produk dengan harga sedikit di bawah pasaran. Hal tersebut cukup berpengaruh bagi pembeli yang ingin membeli dalam partai besar. Namun, kamu juga perlu memperhitungkan persentase keuntungan sehingga bisnis kamu juga bisa menjadi bisnis yang sehat.

3. Langsung Membuat Akun Dropship

Kamu dapat memilih salah satu marketplace dan membuat satu akun dropship seperti di Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain sebagainya. Proses pembuatan akun ini cukup mudah, tinggal mendaftar menggunakan email dan nomor ponsel kamu.

 

1
/
2