Cara Merawat dan Mensterilkan Setir Mobil dari Virus Corona, Mudah Kok!

Bertold Ananda
Jumat 09 Juli 2021 04:27 WIB
Cara Merawat dan Mensterilkan Setir Mobil dari Virus Corona, Mudah Kok!
Cara mudah bersihkan setir mobil. (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Setir mobil merupakan komponen yang mengontrol manuver mobil. Selain itu, setir mobil merupakan part yang paling kotor, banyak mengandung kuman dan bakteri apalagi di saat mewabahnya Covid-19.

Hal ini disebabkan karena, setir merupakan sebuah komponen yang paling sering digunakan dan tersentuh oleh tangan pada saat Anda mengendarai mobil.

Oleh karena itu, pentingnya untuk membersihkan secara berkala setir mobil agar tetap bersih terhindar dari kuman dan bakteri. Pembersihan dengan menggunakan air saja tidak cukup, gunakan cairan khusus yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Tak hanya itu, memakai sembarang merek juga tidak disarankan, karena dapat merusak bahan pada setir itu sendiri.

Bersihkan setir mobil ada baiknya disesuaikan dengan jenis dan tipe setirnya. Pasalnya, setiap cairan pembersih khusus mempunyai peranannya sendiri.

Jika salah dalam penggunaannya maka setir akan menjadi rusak, licin dan tidak nyaman digenggam. Hal itu pastinya akan mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mudah merawat dan membersihkan berbagai jenis dan tipe setir.

1. Setir dengan Tipe Berbahan Plastik
Steer ini umumnya paling sering ditemukan pada mobil tahun lama seperti kijang kotak, panther, Espass. Setir jenis ini paling mudah dibersihkan ketimbang setir yang lain. 

Cukup menggunakan sabun, air serta kain kering. Noda maupun kotoran yang menempel pada steer berbahan plastik ini dapat cepat hilang dengan mudah.

2. Setir dengan Tipe Synthetic Resins
Bahannya menyerupai kulit, namun sebenarnya ini merupakan bahan resin sintetis. Cara membersihkannya sangat mudah sama seperti steer bahan plastik. Setelah dibersihkan sebaiknya hindari menggunakan semir pada setir bahan tersebut.

Memang tampilan setir akan menjadi bersih dan kinclong akan tetapi setir akan menjadi licin dan tidak nyaman saat di genggam.

3. Setir dari Bahan Kayu
Biasanya Anda temukan pada mobil varian mewah dan mahal seperti Toyota Alphard, Harrier, Fortuner tipe tertinggi, Camry tipe V dll. Model steer biasanya dipadukan dengan kulit dan terdapat motif kayu asli.

Gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan bahan kulitnya, kemudian bersihkan lapisan kayu pada steer dengan lap microfiber yang halus. Hati-hati dalam membersihkanya, jika tidak dapat menyebabkan goresan dan baret pada motif kayu asli yang dapat menyebabkan tampilan setir menjadi tidak elegan dan bersih.

4. Setir dari Bahan Kulit Imitasi
Biasa ditemukan pada mobil murah (entry Level) seperti Avanza, Xenia, Mobilio, Rush, Terios dll. Bersihkan dengan menggunakan cairan khusus yang tidak mengandung bahan kimia yang kadarnya tinggi. 

Sering kali bahan kimia tersebut bisa membuat setir menjadi licin dan lengket. Jadi dapat mengurangi kenyamanan Anda dalam mengendalikan setir.

5. Setir dari Bahan Kulit Asli
Setir tersebut dapat Anda temukan pada mobil varian kelas premium seperti Mercedes Benz, Audi, BMW dll. Setir ini memiliki bahan kulit yang halus dan memberikan kenyamanan pengemudi dalam menggenggamnya. Akan tetapi dalam merawat steer tersebut tidak boleh sembarangan.

Tidak disarankan untuk menggunakan air dan sabun karena dapat merusak bahan premium dari  kulit steer tersebut. Pakailah cairan khusus pembersih kulit setir yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Sesudah memastikan bahwa setir tersebut sudah bersih. Maka selanjutnya gunakan kondisioner untuk melapisi dan melindungi kulit setir agar terjaga kelembabannya. Hal ini juga menjaga setir berbahan kulit asli menjadi kering, retak bahkan pecah-pecah.

Editor : Hadits Abdillah