5 Cara Merawat Perhiasan Berlian, Gunakan Larutan Pembersih Khusus

Bertold Ananda
Jumat 10 Juni 2022 19:26 WIB
5 Cara Merawat Perhiasan Berlian, Gunakan Larutan Pembersih Khusus
Cara merawat perhiasan berlian ternyata tidak sesulit yang dipikirkan. (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Cara merawat perhiasan berlian ternyata tidak sesulit yang dipikirkan. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk membuat kilau berlian kembali bersinar.

Berlian akan menjadi kotor apabila terlalu sering bersentuhan dengan kulit. Hal ini membuat berlian tampak kusam dan tidak menarik. Untuk itu, perlu perawatan khusus supaya berlian tetap berkilau. Seperti apa caranya?

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Jumat (10/6/2022) terkait cara merawat perhiasan berlian.

Cara Merawat Berlian

1. Buat larutan khusus pembersih berlian

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk merawat berlian dengan membersihkannya menggunakan pembersih khusus. Kamu bisa membeli pembersih tersebut di e-commerce maupun toko perhiasan.

Jika kamu tidak sempat membelinya terdapat cara lainnya, yaitu membuat larutan sendiri yang terdiri dari air bebas mineral dan sabun. Jika kedua bahan itu sudah larut, kamu bisa rendam berlian selama 15 menit.Ā 

Cara satu ini mampu membersihkan berlian dan membuat kotoran bisa larut dengan mudah. Setelah itu baru lap menggunakan kain halus dan simpan di tempat yang tepat.

2. Hindari semprotan parfum dan lotion

Cara merawat berlian yang kedua yaitu dengan menghindari semprotan parfum dan lotion. Hal ini karena kandungan kimia dalam parfum dan lotion dapat menyebabkan berlian mengalami pemudaran warna.Ā 

Memang berlian bisa dibersihkan jika terkena bahan kimia parfum dan lotion. Namun jika dilakukan secara terus menurut maka berlian akan memudar kemurniannya.

Ā 

1
/
2