5 Cara Merawat Softlens agar Tidak Iritasi, Usahakan Tangan Selalu Bersih

Oktiani Endarwati
Rabu 25 Mei 2022 13:47 WIB
5 Cara Merawat Softlens agar Tidak Iritasi, Usahakan Tangan Selalu Bersih
Cara merawat softlens agar tidak iritasi yang pertama usahakan selalu mencuci tangan sebelum memegangnya. (Foto: coopervision)

JAKARTA, celebrities.idCara merawat softlens agar tidak iritasi perlu diketahui agar tidak menimbulkan penyakit mata atau infeksi bakteri lainnya.

Saat ini pemakaian softlens tidak hanya sebagai alat bantu penglihatan, tetapi juga sudah menjadi gaya hidup banyak wanita. Beberapa wanita yang tidak memiliki masalah pada mata pun ikut menggunakan softlens agar tampilannya lebih menarik. 

Agar tetap nyaman menggunakan softlens, kamu harus tahu cara merawat softlens yang benar agar tetap bersih dan tidak ada bakteri yang bisa menyebabkan penyakit mata.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum cara merawat softlens agar tidak iritasi dari beberapa sumber, Rabu (25/5/2022).

Cara Merawat Softlens agar Tidak Iritasi

1. Selalu cuci tangan sebelum memegang softlens

Cara merawat softlens agar tidak iritasi yang pertama adalah selalu mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak. Usahakan mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas sampai bersih. Pastikan tangan dalam keadaan bersih. Softlens yang tidak higienis akibat tangan kotor bisa menjadi sarang kuman.

2. Lepas softlens sebelum mandi dan tidur

Cara merawat softlens selanjutnya adalah melepas saat akan mandi dan sebelum tidur. Para ahli sangat tidak menyarankan seseorang menggunakan lensa kontak secara terus-menerus. 

Lepas softlens sebelum mandi, berenang, atau kegiatan apapun yang dapat membuat mata kemasukan air. Hal ini bertujuan agar kuman dalam air tidak menempel pada softlens. Apabila dibiarkan maka bisa muncul gejala seperti sakit mata atau gatal.

Begitu pula ketika tidur usahakan untuk melepas softlens. Menggunakan softlens ketika tidur di malam hari bisa mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam mata. Akibatnya, permukaan mata rentan mengalami infeksi. Selain itu, kuman yang ada di softlens pun bisa ikut menempel selama tidur, loh.

 

1
/
2