Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Miliki Segudang Manfaat

Kevi Laras
Senin 07 Maret 2022 21:43 WIB
Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Miliki Segudang Manfaat
Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Miliki Segudang Manfaat. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Cara minum teh hijau untuk diet kerap menyita perhatian masyarakat, khususnya bagi kaum hawa yang ingin memiliki tubuh yang ideal.

Namun perlu diingat, manfaat yang terkandung dalam teh hijau baru dapat bekerja dengan efektif jika seseorang benar dalam menyajikannya. Melansir dari Health Women, Senin (7/3/2022), berikut cara minum teh hijau untuk diet yang bisa kamu terapkan di rumah. Yuk disimak!

Cara minum teh hijau untuk diet

  1. Saat menyeduh teh hijau, berhati-hatilah, karena air mendidih tidak baik untuk katekin yang berharga (bahan kimia teh yang sehat).
  2. Didihkan air, tetapi biarkan selama sekitar sepuluh menit.
  3. Kemudian, tuangkan air ke atas teh dan seduh selama sekitar satu menit sebelum disajikan. Waktu menyeduh dapat dibuat lebih pendek atau lebih lama, tergantung selera.

Manfaat minum teh hijau

Teh hijau dapat membantu menurunkan risiko beberapa penyakit. Namun, jumlah optimal untuk minum mungkin tergantung pada penyakitnya, seperti:

  1. Kanker mulut: Dalam sebuah penelitian observasional besar, wanita yang minum tiga sampai empat cangkir teh hijau setiap hari adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker mulut.
  2. Kanker prostat: Sebuah studi observasional besar menemukan bahwa pria yang minum lima cangkir atau lebih teh hijau setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat, dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari.
  3. Kanker perut: Studi observasional besar lainnya menunjukkan penurunan risiko kanker perut pada wanita yang mengonsumsi lima cangkir atau lebih teh hijau per hari.
  4. Kanker payudara: Dua studi observasional menunjukkan pengurangan kambuhnya kanker payudara pada wanita yang minum lebih dari tiga cangkir teh hijau setiap hari. Berdasarkan penelitian di atas, optimal untuk minum tiga sampai lima cangkir teh hijau per hari.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra