7 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet dan Manfaat Lengkap

Dinda Maria
Senin 29 November 2021 15:24 WIB
7 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet dan Manfaat Lengkap
Cara Minum Teh Hijau Untuk Diet. (Foto: celebrities.id/express)

JAKARTA, celebrities.id - Minum teh hijau menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk orang-orang khususnya perempuan yang ingin melakukan diet atau menjaga bentuk tubuhnya.  

Teh hijau dikenal dengan banyaknya kandungan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk orang-orang yang ingin melakukan penurunan berat badan. Maka dari itu perempuan perlu mengetahui cara minum teh hijau untuk diet mereka.

Teh hijau sendiri merupakan jenis teh yang didalamnya mengandung dua senyawa yang memiliki manfaat untuk mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein, kedua senyawa tersebut sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin menjaga berat badannya, karena senyawa tersebut dapat memecahkan lemak berlebih dalam tubuh dan meningkatkan jumlah energi yang sudah dipakai oleh tubuh. 

Selain itu dengan rutin meminum teh hijau, manfaat yang akan didapat yaitu menghilangkan lemak abdominal yang merupakan lemak berbahaya yang dapat memicu peradangan dalam tubuh. Dan teh hijau juga dapat mengurangi nafsu makan, jadi orang-orang yang ingin melakukan diet bisa mengurangi pemasukan kalorinya dengan minum teh hijau.

Setelah mengetahui manfaat yang didapat dalam teh hijau untuk diet. Berikut ini dilansir dari beberapa sumber tentang cara minum teh hijau untuk diet.

Minum Tanpa Gula

Minum  teh hijau yang paling baik adalah tidak mencampurkan apapun dalam teh hijau tersebut, dan karena teh hijau sendiri yang memiliki rasa yang sudah khas yang membedakan dengan teh lainnya. Termasuk penambahan gula pada teh hijau itu membuat teh hijau akan memiliki kalori yang besar, yang pastinya tidak baik untuk orang-orang yang sedang diet.

Minum Teh Hijau Yang Berkualitas

Kualitas dari teh hijau pastinya paling penting untuk mendapatkan manfaatnya dengan baik. Memilih produk teh hijau yang berkualitas yaitu dengan melihat bahan-bahan apa saja yang dimasukan dalam teh hijau itu, bahan yang paling baik adalah bahan alami yang terbuat dari daun teh hijau yang dikeringkan dan tidak mengandung pengawet.

Minum Disaat Masih Hangat

Dalam cara minum teh hijau yang baik yaitu teh hijau yang sudah disajikan tidak boleh didiamkan terlalu lama atau bahkan sampai dingin, karena jika itu terjadi teh hijau akan teroksidasi dan tidak baik untuk tubuh.

Minum sebanyak 3-4 Kali Sehari

Minum teh hijau sebaiknya dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari, yaitu pagi hari disaat sarapan, siang hari saat waktunya istirahat dan menenangkan tubuh, dan sore hari disaat bersantai setelah melakukan kegiatan sehari-hari.

Minum Teh Hijau Setiap Hari

Teh hijau dapat dijadikan minuman untuk mengurangi rasa lapar, dan itu juga akan dapat mengurangi kebiasaan kebanyakan orang untuk ngemil karena dengan minum teh hijau akan membuat tubuh tidak mudah merasa lapar.

Minum Teh Hijau Sebelum Makan

Minum teh hijau efektifnya adalah 30 menit sebelum makan. Karena dengan minum teh hijau itu dapat mengurangi rasa lapar dan berkurangnya porsi makan, itu yang paling bermanfaat untuk orang-orang yang sedang diet untuk melakukan cara tersebut.

Tidak Mencampurkan Apapun Saat Minum Teh Hijau

Disaat sedang melakukan diet, sangat tidak disarankan untuk mencampurkan teh hijau dengan bahan-bahan yang lainnya seperti susu, gula, sampai jeruk nipis. Karena itu tidak akan efektif untuk orang-orang yang sedang diet. Jadi yang paling tepat cara minum teh hijau untuk diet yaitu seduhan teh yang dikonsumsi harus benar-benar murni atau tidak mencampurkan apapun di dalam teh hijaunya tersebut.

Itu merupakan 7 cara minum teh hijau untuk diet yang celebhitz bisa terapkan dirumah. Selain bermanfaat untuk diet, teh hijau juga dapat menjaga tubuh agar lebih sehat. Jadi itulah cara minum teh hijau untuk diet, dan jangan lupa untuk olahraga juga dengan teratur untuk membantu proses diet. 
 

Editor : Simon Iqbal Fahlevi