Cara Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Pisang, Ini Panduan Lengkapnya

Intan Afika Nuur Aziizah
Jumat 10 September 2021 07:52 WIB
Cara Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Pisang, Ini Panduan Lengkapnya
Buah pisang efektif untuk turunkan berat badan. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diet, salah satunya diet pisang. Morning banana diet atau diet Asa-Banana pertama kali diperkenalkan oleh Sumiko Watanabe, seorang apoteker dari Jepang. 

Diet pisang ini pada intinya adalah mendorong kamu untuk mengonsumsi buah pisang di pagi hari, serta mengurangi porsi makan di siang dan malam hari. 

Melansir dari sebuah video pada Jumat (10/9/2021), Dokter Fathir Miski menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Harus sarapan

Menerapkan diet pisang saat sarapan bisa membantu kamu tetap kenyang dan membakar lebih banyak kalori. Caranya adalah dengan hanya mengonsumsi buah pisang (tidak dimasak atau diolah) dan air putih saat sarapan. 

Dokter Fathir menyarankan untuk sarapan setelah 30-60 menit setelah bangun tidur. Hal ini dilakukan agar pembakaran lemak bisa lebih maksimal.

2. Berhenti makan sebelum kenyang

Sebenarnya tidak ada aturan yang ketat untuk makan siang dan malam pada metode diet pisang ini. Kamu boleh mengonsumsi makanan apa saja yang kamu inginkan, namun dengan syarat harus berhenti makan sebelum kenyang.

3. Konsumsi makanan ringan

Makanan ringan pada diet pisang, hanya boleh dikonsumsi satu kali setiap hari, dan biasanya pada sore hari. Untuk pilihan makanannya pun flexible. Kamu boleh mengonsumsi makanan manis, termasuk permen. Meski begitu, hindari konsumsi gorengan, es krim, susu, dan produk olahan susu lainnya.

4. Tidur yang cukup

Tidak hanya fokus pada pola makan, Dokter Fathir juga menghimbau untuk beristirahat dengan cukup, yakni 7-9 jam setiap hari. Hal ini sangat penting dilakukan, karena jika kamu kekurangan tidur, kemungkinan untuk makan berlebih juga bisa meningkat. Selain itu, pencernaan kamu juga bisa terganggu.

Penurunan berat badan saat melakukan diet pisang sebenarnya disebabkan oleh pengurangan jumlah kalori yang dikonsumsi. Sementara buah pisang sendiri memiliki banyak manfaat, mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan membuat kamu semakin berenergi. 

Selain melakukan diet pisang, imbangi dengan olahraga secara teratur dan jangan lupa kelola stres yang kamu hadapi dengan baik.
 

Editor : Mohammad Saifulloh