Cara Pakai dan Manfaat Retinol untuk Kulit, Selamat Tinggal Kerutan Halus! 

Muhammad Arif
Rabu 03 Agustus 2022 14:00 WIB
Cara Pakai dan Manfaat Retinol untuk Kulit, Selamat Tinggal Kerutan Halus! 
Retinol bermanfaat atasi kerutan wajah. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Retinol adalah salah satu bahan yang mudah ditemukan dalam produk perawatan wajah. Terdapat aturan cara pakai retinol agar dapat memberikan hasil yang memuaskan pada wajah.
 
Retinol merupakan turunan dari Vitamin A yang memiliki manfaat anti aging untuk mencegah penuaan kulit. Retinol termasuk bahan yang mudah diakses tanpa resep khusus.
 
Retinol memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit. Terutama orang yang berusia 20-an sampai 30-an yang pada umumnya sudah muncul garis halus dan keriput di sekitar wajah.
 
Melansir dari berbagai sumber pada Rabu (3/8/2022), berikut celebrities.id rangkum manfaat dan cara pakai retinol.

Cara Pakai Retinol 

1. Gunakan tipe sesuai kulit 

Retinol memiliki efek samping jika digunakan tidak sesuai dengan tipe kulit. Bagi yang memiliki kulit yang sensitif bisa memilih yang mengandung retinyl palmitate yang merupakan kombinasi dari retinol dengan asam palmitate.
 
Sedangkan untuk kulit berminyak dan berjerawat disarankan menggunakan adapalene. Retinol murni cuma disarankan untuk kulit normal.

2. Gunakan secukupnya 

Pada saat pertama kali menggunakan retinol, gunakan retinol dengan dosis kecil. Kemudian tingkatkan intensitas penggunaan secara bertahap dan perlahan.
 
Kamu bisa dengan menggunakan satu kali dalam seminggu. Kemudian pada minggu kedua naik jadi dua kali dalam seminggu. 
 
Lakukan terus dan jangan lupa pantau efek yang ditimbulkan. Jika tidak menimbulkan efek negatif, maka kamu bisa meningkatkan intensitasnya hingga bisa menggunakannya tiap malam.

3. Iringi dengan penggunaan tabir surya 

Retinol akan membuat kulit menjadi sensitif dengan sinar matahari. Maka disarankan menggunakan tabir surya minimal SPF 30 setiap pagi.

4. Hindari penggunaan produk keras 

Hindari penggunaan produk yang bersifat asam bersamaan dengan retinol. Hal tersebut bisa menimbulkan risiko iritasi.
 
Jika digunakan dengan cara yang tepat, retinol dapat memberikan manfaat bagi kulit. Berikut adalah manfaat dari penggunaan retinol untuk kulit.

 

1
/
2