Cara Pendaftaran Hak Cipta Offline dan Online Lengkap dengan Persyaratan

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Selasa 24 Januari 2023 11:49 WIB
Cara Pendaftaran Hak Cipta Offline dan Online Lengkap dengan Persyaratan
Cara pendaftaran hak cipta penting diketahui untuk melindungi hasil karya. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Cara pendaftaran hak cipta harus kamu perhatikan untuk melindungi karya-karya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Hak cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang berfungsi melindungi hasil karya di bidang pengetahuan, sastra dan seni.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (24/1/2023) terkait cara pendaftaran hak cipta.

Pengertian Hak Cipta 

Mengutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia, hak cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki ruang lingkup objek dilindungi paling luas, karena mencakup ilmu pengetahuan, seni, sastra (art and literary) yang di dalamnya mencakup pula program komputer. 

Hak cipta juga merupakan hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan pengertian hak cipta yaitu hak eksekutif yang dimiliki oleh pencipta untuk mengatur penggunaan dari hasil gagasan yang telah dibuat. 

Persyaratan Pendaftaran Hak Cipta

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar hak cipta.

1. Mengisi formulir pendaftaran ciptaan yang telah disediakan dalam bahasa Indonesia dan diketik rangkap tiga. Lembar pertama dari formulir tersebut ditandatangani di atas materai.

2. Surat permohonan pendaftaran ciptaan mencantumkan:
a. nama, kewarganegaraan dan alamat pencipta
b. nama, kewarganegaraan dan alamat pemegang Hak Cipta; nama kewarganegaraan dan alamat kuasa; jenis dan judul ciptaan
c. tanggal dan tempat ciptaan diumumkan untuk pertama kali
d. uraian ciptaan (rangkap 3)

3. Surat permohonan pendaftaran ciptaan hanya dapat diajukan untuk satu ciptaan.

4. Melampirkan bukti kewarganegaraan pencipta dan pemegang Hak Cipta berupa fotokopi KTP atau paspor.

5. Apabila permohonan badan hukum, maka pada surat permohonanya harus dilampirkan turunan resmi akta pendirian badan hukum tersebut.

6. Melampirkan surat kuasa, bilamana permohonan tersebut diajukan oleh seorang kuasa, beserta bukti kewarganegaraan kuasa tersebut.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2