8 Cara Perpanjang Paspor secara Online

Ria Nurjayanti
Senin 10 Januari 2022 16:15 WIB
8 Cara Perpanjang Paspor secara Online
Cara perpanjang paspor secara online. (Foto: celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Saat kamu ingin bepergian ke luar negeri, tentunya kamu perlu memiliki paspor sebagai dokumen yang wajib kamu siapkan. Karena paspor merupakan tanda pengenal yang kamu miliki di suatu negara lain.

Sejak tanggal diterbitkannya paspor berlaku paling lama 5 tahun. Untuk kedepannya masa berlaku paspor akan menjadi 10 tahun. 

Jika kamu ingin memperpanjang paspor, proses itu dapat dilakukan 6 bulan sebelum masa berlaku paspor kamu habis. Ajukan perpanjangan paspor ke kantor imigrasi terdekat.  Namun, kini perpanjangan paspor sudah lebih praktis karena sudah tersedia secara online. 

Cara perpanjang paspor online dapat dilakukan melalui aplikasi di smartphone kamu. Download aplikasi Layanan Paspor Online (APAPO) itu merupakan aplikasi resmi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM yang dirilis sejak 2018.

Jika kamu mendaftar untuk perpanjangan paspor online akan dapat membantu kamu untuk mengatur antrian, jadi kamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Berikut sudah sobat celeb rangkum cara perpanjang paspor online.

1. Unduh Aplikasi APAPO di Smartphone

Unduh aplikasi (APAPO) terlebih dahulu. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini melalui PlayStore untuk Android dan AppStore untuk iOS, dengan cara mengetik kata Layanan Paspor Online.

Seluruh masyarakat disarankan melakukan pendaftaran secara daring, karena Kantor Imigrasi tidak melayani offline atau datang langsung ke kantor selama masa pandemi.

2. Membuat Akun 

Selanjutnya lakukan pendaftaran dengan klik pilihan Google atau Facebook. Isi data sesuai e-KTP dan nomor kamu yang akif. Jika kamu mengalami kendala dalam mengisi form, misalnya dengan NIK yang tidak sesuai.

Maka cukup ganti 6 digit dua NIK dengan tanggal, bulan, dan tanggal lahir kamu. Jika masalahnya ada di nomor handphone yang telah digunakan, silah dengan nomor handphone yang belum terdaftarkan sebelumnya. 

 

1
/
3