Cara Senam Kegel untuk Peranakan Turun dan Manfaatnya

Iqbal Widiarko
Sabtu 14 Mei 2022 14:30 WIB
Cara Senam Kegel untuk Peranakan Turun dan Manfaatnya
Manfaat senam kegel dapat mengencangkan miss V. (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Senam kegel untuk peranakan turun yang dalam bahasa medis disebut prolaps uteri cukup mudah dilakukan. Kondisi ini adalah kondisi di mana rahim turun hingga ke saluran vagina. Hal tersebut terjadi karena otot dan jaringan sekitar panggul yang menahan rahim melemah.

Dengan melakukan senam kegel tentunya dapat memperkuat otot dasar panggul, membantu mencegah inkontinensia urine (sulit menahan buang air kecil) yang umum terjadi setelah melahirkan. Biasanya, peranakan yang turun terdeteksi ketika dokter memeriksa kondisi panggul.

Pada kondisi ringan, biasanya peranakan turun terindikasi ketika seseorang mengalami kesulitan menahan buang air kecil atau muncul rasa nyeri di punggung. Ada beragam perawatan untuk mengatasi turun peranakan yang bisa dilakukan, mulai dari langkah alami sampai prosedur medis.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (14/5/2022) telah merangkum senam kegel untuk peranakan turun, sebagai berikut.

Senam Kegel untuk Peranakan Turun

Melansir dari Healthline, cara mudah untuk melakukan senam kegel untuk peranakan turun adalah diantaranya:

1. Pastikan kamu sudah untuk mengosongkan kandung kemih sebelum melakukan latihan senam kegel.
2. Lakukan seolah-olah sedang berusaha menahan aliran urine atau buang angin. Namun, jangan gunakan otot paha, pantat, ataupun perut, melainkan gunakan otot dasar panggul. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah.
3. Setelah menemukan otot-otot panggul bawah, kontraksikan otot-otot tersebut dan tahan selama 5 sampai 10 detik, kemudian lepaskan.
4. Lakukan senam kegel selama 3 kali sehari dengan mengulangi langkah-langkah tersebut sebanyak 4 - 5 kali.

Manfaat Senam Kegel

1. Dapat Memperbaiki Fungsi Kandung Kemih

Seiring pertambahan usia atau berat badan, otot-otot dasar panggul yang menopang kandung kemih dapat melemah. Kondisi ini bisa membuat kamu tidak sengaja mengeluarkan urine saat bersin, tertawa, atau batuk. Salah satu cara untuk memperkuat kembali otot-otot tersebut adalah dengan senam kegel.

 

1
/
2