Cara Tepat Menggunakan Tretinoin, Cocok untuk Mencegah Penuaan Kulit

Icon CameraQanita Siti Alifah Y
Sabtu 24 September 2022 14:32 WIB
Cara Tepat Menggunakan Tretinoin, Cocok untuk Mencegah Penuaan Kulit
Cara menggunakan tretinoin yang benar. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA,celebrities.id - Tretinoin adalah salah satu bahan paling ampuh untuk memudarkan tanda-tanda penuaan. Bahkan, tretinoin berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tetap awet muda

Selain itu, tretinoin bisa juga membantu memudarkan flek hitam dan pigmentasi untuk membuat kulit Anda lebih cerah. Meskipun tretinoin cukup manjur, Anda harus bersabar untuk merasakan hasil yang terlihat. 

Tretinoin atau Retin-A milik keluarga retinoid (berasal dari vitamin A). Biasanya digunakan secara topikal untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, melasma, psoriasis. Tretinoin adalah retinoid yang paling banyak dipelajari. 

Pada 1984, potensi tretinoin dalam mengobati photoaging ditemukan. Para peneliti menguji efek tretinoin pada kulit selama 10 minggu dan menemukan bahwa itu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerutan dan garis-garis halus. 

Lalu bagaimana menggunakan tretinoin yang benar? Berikut penjelasannya dilansir dari Byrdie pada Sabtu (24/9/2022). 

1. Hindari penggunaan tretinoin pada siang hari. Selalu oleskan krim di malam hari, sebelum tidur. Ini memastikan kulit Anda mendapat waktu untuk menyerap obat dan meningkatkan kemanjurannya. 

 

1
/
3