Ini Cara Cek dan Update Android 11 di Smartphone Kamu

Oktiani Endarwati
Jumat 17 Juni 2022 14:13 WIB
Ini Cara Cek dan Update Android 11 di Smartphone Kamu
Cara update android 11. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Cara update Android 11 sudah bisa dilakukan melalui smartphone kamu. Android 11 telah dirilis pada September 2020 lalu untuk beberapa ponsel pintar di pasaran. Melalui update Android 11, ada banyak peningkatan dari versi sebelumnya mulai dari penampilan, fitur, hingga sistem keamanan yang lebih canggih. 

Untuk mendapatkan versi terbaru Android 11, kami bisa membeli smartphone 

Biasanya, smartphone flagship anyar akan langsung kebagian update Android versi termutakhir lebih awal. Sementara untuk smartphone model lama harus mengantre dulu agar bisa melakukan update sistem operasi Android versi baru. Namun, tidak semua smartphone lama bisa maksimal menggunakan Android versi terbaru ini. 

Lalu, bagaimana cara mengecek dan update Android 11? 

Berikut cara mengecek dan update Android 11 di smartphone kamu yang dilansir dari berbagai sumber pada Jumart (17/6/2022).

Cara Mengecek Android 11

Untuk mengecek Android 11 di smartphone Anda bisa saja antar merek berbeda-beda. Namun, secara umum langkah-langkahnya hampir serupa. Berikut cara mengecek Android 11 di smartphone kamu.

1. Buka menu "pengaturan" atau "setting" dalam ponsel kamu.

2. Scroll ke bawah hingga paling dasar lalu buka "tentang ponsel" atau "about phone".

3. Klik "informasi perangkat lunak". Di sana Anda akan mendapatkan informasi mengenai smartphone Anda.

4. Selain cara tersebut, Anda bisa juga dengan cara buka menu "pengaturan" > "sistem" > "lanjutan" > "pembaruan sistem".

Cara Update Android 11

Berikut cara update Android 11 di smartphone Anda.

1. Buka menu "pengaturan".

2. Scroll ke bawah hingga menemukan "update perangkat lunak".

3. Apabila ingin langsung mengunduhnya klik "unduh dan instal". Lalu klik tombol "unduh".

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengunduh update Android secara otomatis menggunakan wifi dengan menggeser tombol "unduh otomatis lewat Wifi".

Anda juga bisa melakukan dengan cara lain, yakni buka menu "pengaturan" > "sistem" > "lanjutan" > "pembaruan sistem". Setelah itu tunggu proses instalasi selesai.

Setelah selesai, beberapa smartphone akan melakukan restart otomatis. Jika tidak restart otomatis, Anda bisa melakukan restart manual setelah meng-update ponsel Android.

Sebelum melakukan update Android Anda, pastikan koneksi internet stabil dan daya baterai ponsel cukup. Hal ini karena proses unduh dan instalasi membutuhkan waktu yang lama. Jika koneksi internet tidak stabil, maka proses unduhan akan memakan waktu semakin lama, bahkan bisa gagal.

Itulah cara mengecek dan update Android 11. Beberapa smartphone mungkin agak berbeda tampilannya, namun secara umum caranya sama. Selamat mencoba. 

Editor : Tia Ayunita