Catat! 5 Kebiasaan Baik Ini Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bertold Ananda
Minggu 06 Juni 2021 18:16 WIB
Madu baik untuk menjaga imunitas tubuh. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kekebalan tubuh saat pandemi seperti sekarang ini memang harus dijaga. Kebiasaan buruk yang berlarut-larut tentu akan menyebabkan kurangnya metabolisme dalam tubuh yang nantinya membuat tubuh lemas dan lesu, sehingga lebih gampang terserang penyakit.

Beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperkuat pertahanan alami tubuh dan membantu kita melawan patogen berbahaya atau organisme penyebab penyakit.

Dalam menjalani gaya hidup sehat Anda harus terus memperkuat kekebalan dengan kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan di rumah. Melansir dari femina.in pada Minggu (6/6/2021), berikut lima kebiasaan baik untuk tingkatkan kekebalan tubuh.

1. Kumur dengan Virgin Coconut Oil

Mulut adalah rumah bagi jutaan mikroba, termasuk bakteri. Proses kumur-kumur minyak kelapa murni membantu menyingkirkan bakteri ini melalui sela-sela gigi. Ini tidak hanya meningkatkan kebersihan mulut, teknik ini membantu kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Minyak kelapa murni yang diperas dingin adalah makanan super yang direkomendasikan karena segudang manfaat kesehatannya, itu adalah sumber yang kaya asam laurat alami dan mengandung Vitamin E yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Medium Chain Fatty Acids (MCFAs) yang mengandung asam laurat dan asam kaprilat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-virus. 

Oleh karena itu, menambahkan dua sendok minyak kelapa murni ke dalam makanan setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mempertahankan gaya hidup sehat dan holistik

2. Tambahkan berbagai sayuran pada makanan Anda

Buat dan sajikan makanan dalam piring Anda seperti menyerupai pelangi. Maksudnya adalah buah-buahan dan sayuran musiman yang segar, berwarna, kacang-kacangan, sumber protein seperti telur, dal, kecambah, susu rendah lemak, dadih yang bermacam warna seperti pelangi. 

Nutrisi yang didapat dari makanan sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya. 

Antioksidan dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas.

 

1
/
2