Catat! Jika Suami Layangkan Talak 3, Haram Tinggal Satu Rumah

Icon CameraDevi Ari Rahmadhani
Selasa 22 November 2022 23:31 WIB
Catat! Jika Suami Layangkan Talak 3, Haram Tinggal Satu Rumah
Ketika talak yang ketiga telah diucap, maka sepasang suami istri tidak dapat rujuk dan haram untuk tinggal satu rumah. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Biduk rumah tangga tidak selalu berjalan mulus. Kadang kala ada masalah yang tidak dapat terselesaikan hingga berujung perceraian. 

Umumnya, perceraian terjadi karena lelaki melayangkan talak. Ketika talak yang ketiga telah diucap, maka sepasang suami istri tidak dapat rujuk dan haram untuk tinggal satu rumah. 

"Kalau sudah benar-benar cerai tiga, sudah tidak akan bisa kembali lagi. Kecuali sang istri harus menikah dulu dengan seorang laki-laki dan menikah sungguhan, bukan main-main," tutur Buya Yahya dalam kanal YouTube Al-Bahjah, Selasa (22/11/2022). 

"Karena bisa jadi ketika sudah menikah dengan laki-laki yang baru dia lebih bahagia, bukan dizalimi dengan perceraian hingga tiga kali. Kalau laki-laki telah menceraikan tiga kali, ini sudah keterlaluan banget. Yang keterlaluan mungkin suaminya, yang keterlaluan mungkin istrinya. Karena sampai tiga kali, apa tidak belajar di perceraian pertama, tidak belajar di perceraian kedua, karena sudah berulang-ulang ini," ucap Buya Yahya lagi. 

Sang istri baru boleh menikah kembali dengan suami pertama ketika suami keduanya telah menceraikan dirinya.

Buya juga menegaskan ketika sudah talak tiga maka haram hukumnya untuk tinggal satu rumah. 

"Berbahaya untuk tinggal satu rumah, haram karena ada kenangan syahwat dan sebagainya," ujar Buya Yahya.

Editor : Andre Purwanto