Cegah Impor Kasus Covid-19, Pulang dari Luar Negeri Wajib Karantina 14x24 Jam

Fahreza Rizky
Sabtu 05 Juni 2021 06:01 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: celebrities.id/Instagram @wikuadisasmito)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah akan memperpanjang durasi karantina bagi pelaku perjalanan internasional. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin masif.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan durasi karantina akan diperpanjang dari 5x24 jam menjadi 14x24 jam. Formalisasi aturan tersebut akan dituangkan dalam Surat Edaran Satgas terbaru.

"Demi mencegah importasi kasus, pemerintah Indonesia berencana menetapkan perpanjang durasi karantina dari 5x24 jam menjadi 14x24 jam bagi pelaku perjalanan dari negara yang sedang mengalami krisis Covid-19. Hal ini akan segera dirangkum dalam surat edaran terbaru," kata Wiku saat jumpa pers pada Jumat (4/6/2021).

Wiku juga mengomentari kebijakan lockdown total di Malaysia. Kata dia, perwakilan RI di Negeri Jiran telah menyiapkan rencana kontingensi untuk memastikan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

"Perwakilan RI di Malaysia sendiri juga telah menyiapkan rencana kontijensi demi memastikan pemulangan yang penuh perlindungan bagi seluruh WNI atau PMI di Malaysia," ujarnya.

 

1
/
2