Cek Demografi Fandom Kpop, Ada BTS hingga TXT yang Digandrungi Perempuan dan Remaja

Kensa Cahya Aliffia
Minggu 19 Juni 2022 14:32 WIB
Cek Demografi Fandom Kpop, Ada BTS hingga TXT yang Digandrungi Perempuan dan Remaja
Demografi fandom Kpop, ada yang digandrungi remaja hingga usia 40an. (Foto: Allkpop)

JAKARTA, celebrities.id - Netizen ramai memperbincangkan mengenai perbedaan demografi antar fandom Idol group Korea Selatan. Ini unik, karena data ini memperlihatkan bagaimana tiap group Idol memiliki penggemar yang bervariasi baik dari segi usia dan gender.

Menukil Allkpop, Minggu (19/6/2022), tepat pada Sabtu, 18 Juni, sebuah postingan di komunitas online populer mendapatkan perhatian lebih karena membagikan demografi di berbagai fandom Idol Kpop. 

Menurut poster aslinya, Navercast mengumpulkan dan memperlihatkan demografi pengguna mereka yang meninggalkan komentar. Dari data netizen itu, mereka kemudian membandingkan grup yang baru-baru ini tampil di M Countdown untuk comeback mereka.

Meskipun data ini bukan representasi akurat dari demografi masing-masing fandom, meski demikian, netizen melihat hal ini sebagai informasi menarik. Apalagi, mereka juga menemukan perbedaan dari masing-masing fandom yang unik.

Untuk BTS, 12 persen adalah laki-laki dan 88 persen adalah perempuan, hal ini terlihat dari mereka yang meninggalkan komentar. Mereka yang berusia 40-an adalah mayoritas yang meninggalkan komentar untuk BTS.

Sementara solois Kang Daniel memiliki lebih banyak netizen pria yang meninggalkan komentar daripada BTS. Yakni 14 persen adalah laki-laki sedangkan 86 persen perempuan. Mereka yang berusia 20-an dan 40-an adalah dua kelompok usia teratas untuk bagian komentar Kang Daniel.

MONSTA X memiliki perbedaan gender yang paling didominasi oleh perempuan sebesar 98 persen berdasarkan mereka yang berkomentar. Mereka yang berusia 20-an dan 30-an adalah dua kelompok usia teratas.

Sedangkan NCT Dream memiliki penggemar yang relatif lebih muda dengan mereka yang berusia 20-an dan 10-an menjadi dua demografi teratas.

Kebanyakan orang yang meninggalkan komentar untuk Seventeen ternyata berusia 20-an. Seventeen memiliki persentase tertinggi berusia 20-an tahun dibagian komentar di antara enam Idol lainnya.

Sebaliknya, TXT memiliki rasio remaja tertinggi dibagian komentar di antara enam Idol dalam postingan tersebut.

Dari data tidak akurat mengenai demografi Kpopers itu, banyak netizen yang terkejut dengan fakta itu. 

"Saya pikir demografis sebenernya akan memiliki lebih banyak remaja. Kebanyakan dari mereka hanya menonton video YouTube," tulis netizen.

"TXT benar-benar pilihan remaja," tulis netizen lain.

"Saya pikir membandingkan merchandise atau konser statistik penjualan akan jauh lebih akurat daripada ini," tulis netizen mengkritisi cara pengambilan data.

Editor : Lisvi Padlilah