Cek Fakta, Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet dan Microchip?

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Senin 31 Mei 2021 18:58 WIB
Kabar mengenai vaksin Covid-19 yang mengandung magnet dan microchip menyebar luas beberapa waktu lalu dipastikan Hoaks oleh Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id – Kabar mengenai vaksin Covid-19 yang mengandung magnet dan microchip menyebar luas beberapa waktu lalu. Dalam sebuah unggahan video di media sosial yang memperlihatkan bahwa sekeping uang logam menempel pada lengan yang telah divaksin Covid-19 langsung menjadi pertanyaan besar di tengah masyarakat.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, memastikan kabar tersebut adalah hoaks. Sebab, ada penjelasan ilmiah bagaimana sekeping logam bisa menempel pada lengan manusia.

“Tidak perlu menunggu divaksin, koin memang bisa menempel karena permukaan kulit kita itu lembab. Karena kelembapan dan tarikan-tarikan dari kulit itu akan menyebabkan koin itu menempel di permukaan kulit,” tutur dr. Siti dalam Live Streaming ‘Mengenal Varian Baru Covid-19 dan Efektivitas Vaksin’, Senin (31/5/2021).

 

1
/
2