Cek Segera, Ini Cara Mudah Kenali Gejala Anemia secara Kasat Mata 

Arif Budianto
Jumat 28 Mei 2021 10:21 WIB
Gejala anemia dapat diamati secara kasat mata dari perubahan bentuk tubuh. (Foto: Arif Budianto/Istimewa)

BANDUNG, celebrities.id – Anemia merupakan kondisi kelainan darah yang umum terjadi ketika kadar sel darah merah dalam tubuh terlalu rendah. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan karena sel darah merah mengandung hemoglobin, yang membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Kendati dianggap biasa, namun anemia sebenarnya menandakan kurang fit-nya tubuh kita. Karena anemia menandakan kurangnya pasokan nutrisi seperti zat besi, vitamin, asam folat, hingga protein. 

“Anemia ini adalah kurang sel darah merah atau kurang darah, bukan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah tidak ada hubungannya dengan anemia,” ujar dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unpad yang juga konsultan hematologi Dr. Susi Susanah, dr., Sp.A(K), M.Kes.

Menurut Susi, kadar hemoglobin ideal berbeda-beda sesuai kelompok umur. Sesuai standar WHO, kadar hemoglobin untuk anak usia di bawah 5 tahun adalah 11 gram/desiliter. Sementara anak usia 5-10 tahun adalah 11,5 gram, anak usia di bawah 14 tahun kadar hemoglobinnya di bawah 12 gram, sedangkan di atas usia 14 tahun kadar hemoglobinnya mengikuti standar orang dewasa.

 

1
/
2