Cerita Amitabh Bachchan Mengidap Hepatitis B, Dapat dari Pendonor Darah

Hasyim Ashari
Sabtu 30 Juli 2022 12:30 WIB
Cerita Amitabh Bachchan Mengidap Hepatitis B, Dapat dari Pendonor Darah
Amitabh Bachchan ceritakan dirinya yang terkena Hepatitis B. (Foto: celebrities.id/Instagram @amitabhbachchan)

JAKARTA, celebrities.id - Amitabh Bachchan mengungkap bahwa dia pernah menderita Hepatitis B atau penyakit peradangan hati. 

Hal tersebut dia ungkap melalui video yang dibagikan oleh WHO South East Asia di Hari Hepatitis Sedunia 2022.

Amitabh Bachchan mengatakan bahwa dirinya menderita Hepatitis B setelah mendapat donor darah dari seorang penderita penyakit tersebut pada 1982 sehingga virus itu masuk juga ke tubuhnya.

"Untuk orang yang hidup dengan hepatitis, setiap hari adalah hari hepatitis. Aku bisa merasakannya, kepedihan seorang penderita," kata Amitabh Bachchan, dikutip dari kanal YouTube WHO, Sabtu  (30/7/2022).

Sebagai informasi, dikutip dari akun resmi WHO, Hepatitis B bisa menyebar melalui kontak langsung atau cairan dari orang yang terinfeksi seperti air liur, menstruasi, mani bahkan bisa menular akibar penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi.

Infeksi Hepatitis B bisa didapat pada masa dewasa, yakni kurang dari lima persen. Sementara, infeksi pada masa bayi dan anak-anak ada pada 95 persen kasus sehingga ini menjadi dasar untuk memperkuat dan memprioritaskan vaksinasi pada bayi dan anak-anak.

Editor : Tia Ayunita