Cerita Joko Anwar Cari Bajaj Oranye untuk Properti Pengabdi Setan, Butuh Waktu 2 Tahun 

Ayu Utami
Selasa 02 Agustus 2022 22:55 WIB
Cerita Joko Anwar Cari Bajaj Oranye untuk Properti Pengabdi Setan, Butuh Waktu 2 Tahun 
Menurut sutradara Joko Anwar, properti yang sulit dicari sampai menghabiskan waktu selama dua tahun lamanya adalah Bajaj Oranye. (Foto: celebrities.id/Ayu Utami)

JAKARTA, celebrities.id - Setelah sukses dengan film Pengabdi Setan pertama, kini Pengabdi Setan 2: Communion bakal segera tayang di bioskop. 

Film garapan Joko Anwar ini mengambil setting 1980an. Tentunya Joko harus menyesuaikan segala property dengan waktu di film. 

Seperti media informasi yang kala itu masih mengandalkan radio, dan tampilan TV juga masih menggunakan layar hitam putih.

Ada satu properti yang sulit dicari sampai menghabiskan waktu selama dua tahun lamanya.

“Properti tahun 1980 detail banget, terutama bajaj oranye. Nyarinya itu susah banget, sampai dua tahun. Tadi ada bus bertingkat, itu juga nyarinya setengah mati,” ujar Joko Anwar saat ditemui di XXI Epicentrum Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Sepanjang film, Joko Anwar mengatakan sejumlah properti era 1980an dibangun sendiri. Tapi, ada juga yang menggunakan computer-generated imagery (CGI) namun dikerjakan dengan sangat teliti.

“Teman- teman pasti tidak tahu mana yang CGI, mana yang asli, karena saking bagusnya CGI-nya. Jadi kita tidak akan me-review mana yang CGI, mana yang real karena samua real terlihat,” ucap Joko Anwar.

Disinggung soal kesuksesan film, dirinya tidak pernah mematok angka. Ia hanya berharap bahwa cerita yang ada di film terasa ke penonton. Sehingga ia pun tidak memiliki target khusus film Pengabdi Setan 2: Communion harus ditonton berapa juta penonton.

 

1
/
2