Cerita Lucu Anies Baswedan Kerap Disangka Tak Masuk Kantor, Gegara Pelihara Burung di Balai Kota

Bachtiar Rojab
Minggu 07 Agustus 2022 17:33 WIB
Cerita Lucu Anies Baswedan Kerap Disangka Tak Masuk Kantor, Gegara Pelihara Burung di Balai Kota
Anies bersama komunitas burung kicau. (Foto: celebrities.id/Bachtiar Rojab)

JAKARTA, celebrities.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui salah seorang pecinta burung. Hal itu, dia sampaikan saat menyambangi lomba kicau burung Pra Piala Gubernur Jakarta yang dihelat di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2022). 

Anies mengatakan kegemarannya terhadap burung dimulai sejak mengenyam bangku sekolah dasar. Namun, karena dia masih seorang pelajar, dia hanya mampu membeli burung-burung dengan harga biasa saja. 

"Pada waktu itu kami hanya memelihara ya burung yang kita mampu Jalak, Podang, kalau burung seperti Murai, kemudian Cucak Rowo itu burung impian, saya waktu itu janji, mudah mudahan suatu saat saya bisa punya Murai bisa punya Cucak Rowo," ujar Anies. 

Kegemarannya terhadap burung, terus berlanjut hingga Anies dewasa. Bahkan, 12 burung telah dia miliki di kediaman pribadinya sekarang. Hal itu, ungkap Anies, berkat janjinya sejak kecil yang ingin memelihara burung kicau saat telah dewasa. 

"Nah alhamdulillah sekarang saya punya. Jadi di rumah saya memelihara Kumis Merah, kemudian Murai Batu, kemudian Cucak Ijo, Cucak Rowo selain burung seperti yang kecil kecil namanya lupa, itulah kira kira," ujarnya. 

Anies membeberkan, meski dia gemar menikmati merdunya suara burung, terkadang suara merdu burung-burungnya kerap membuat prasangka buruk dari seseorang. Hal itu, lantaran dia turut memelihara burung-burung cantik di kantornya, yakni di Balai Kota DKI Jakarta. 

"Di kantor saya ada Anis Merah, ada Murai, ada tiga burung di kantor. Jadi, kadang-kadang kalau saya telepon di kantor pagi itu orang ngira, ko masih di rumah? enggak ini di kantor, cuman di kantor saya ada burung juga," ucap Anies sembari tersenyum lebar. 

Di sisi lain, tambah Anies, dia senang dengan adanya lomba kicau Burung yang tengah dihelat di Jakarta. Menurutnya, selain bagian dari hobi, dia sebagai Gubernur ingin terus memfasilitasi komunitas Burung tersebut sehingga terus berdampak pada perekonomian di Jakarta. 

"Jadi saya senang sekali bahwa komunitas ini tumbuh berkembang dan kita di Jakarta ingin memfasilitasi lebih banyak lagi, kita ingin agar bukan saja hobinya berkembang, tapi perekonomiannya bergerak, di balik kompetisi ini, itu ada pergerakan ekonomi yang sangat besar," tuturnya. 

"Jadi kami se-Jakarta bersyukur, kegiatan ini mudah mudahan bisa berkembang lagi," katanya lagi.

Editor : Hadits Abdillah