Cerita Makeup Artist Indonesia Berusia 70 Tahun Sukses Bikin Pro Look hanya 8 Menit

Muhammad Sukardi
Selasa 20 September 2022 08:50 WIB
Cerita Makeup Artist Indonesia Berusia 70 Tahun Sukses Bikin Pro Look hanya 8 Menit
Cerita Makeup Artist Indonesia Berusia 70 Tahun Sukses Bikin Pro Look hanya 8 Menit. (Foto:celebrities.id/MPI Faisal Rahman)

JAKARTA, celebrities.id - Seorang senior makeup artist bernama Tini Renan mendapatkan pengalaman luar biasa di Paris. Dia terlibat dalam acara Front Row yang diinisiasi Indonesian Fashion Chamber (IFC) di Paris, belum lama ini.

Bukan hanya ilmu baru yang didapat, tapi Tini Renan mengaku mendapat tugas yang tak mudah sekaligus menantang untuk dirinya sendiri. Adalah merias model asing hanya dalam waktu delapan menit. Waktu singkat tersebut harus dia manfaatkan untuk mendapat pro look sesuai dengan request desainer.

"Ada 30 model yang harus kami rias wajahnya hanya dalam waktu empat jam. Artinya, per model hanya butuh waktu delapan menit dan ini sudah harus mendapat profesional look yang sesuai dengan harapan desainer," tutur Tini Renan saat ditemui langsung di The Westin Jakarta, Senin (19/9/2022).

Bukan hanya dalam hal waktu tantangan yang dihadapi Tini, melainkan juga jenis kulit model orang Eropa yang tentunya tidak sama dengan orang Asia. Di sisi lain, ada keuntungan yang didapat Tini saat harus merias model orang asing.

"Orang Eropa itu kulitnya super kering. Jadi, untuk memulai makeup tidak bisa langsung ke foundation, melainkan harus diberikan pelembap wajah yang cukup sehingga kulitnya tidak begitu kering. Setelah itu, baru mulai dirias dengan makeup mulai dari foundation hingga lipstik. Proses dekoratif wajah model Eropa pun akan jauh lebih mudah kalau kulit dasar model sudah jauh lebih lembap," kata perempuan berusia 70an tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Tini menerangkan bahwa jenis kulit model Eropa itu berbeda dengan kebanyakan orang Asia. Hal yang paling tidak enak adalah super kering, namun banyak keuntungan merias model Eropa dengan waktu yang sangat terbatas.

"Kebanyakan dari mereka itu memilih bentuk wajah oval, lalu mata sudah dalam, hidung sudah bagus, dan bibir sempurna. Jadi, upaya dekoratif dengan makeup tidak memerlukan tindakan yang banyak," tutur Tini.

 

1
/
2