Cerita Sonali Bendre Jadi Penyintas Kanker, Bersyukur Melewati Masa Sulit

Zahrah Hana Afifah
Rabu 25 Mei 2022 14:55 WIB
Cerita Sonali Bendre Jadi Penyintas Kanker, Bersyukur Melewati Masa Sulit
Sonali Brende bersyukur telah sembuh dari kanker. (Foto: celebrities.id/Instagram @iamsonalibendre)

DELHI, celebrities.id - Aktris Bollywood Sonali Bendre berbagi cerita tentang bagaimana menjadi penyintas kanker telah mengubah pandangannya terhadap kehidupannya. 

Sonali Bendre menggambarkan dua era hidupnya dengan sebutan BC dan AC alias before cancer (sebelum kanker) dan after cancer (setelah kanker).

Melansir The Indian Express,  Rabu (25/5/2022), dalam obrolannya dengan Mashable India, Sonali memandang bahwa diagnosis kanker yang dia dapatkan menuntutnya untuk belajar.

“Saya dan Goldie mengatakan sebutan ini menjadi dua yaitu BC dan AC. Ketika anda melalui sesuatu, anda akan mendapatkan beberapa pelajaran dari hal itu. Tapi, jika anda belum mempelajarinya, maka sangat disayangkan. Karena saya pikir ada beberapa pelajaran darinya (diagnosis kanker) yang saya dapat. Intinya saling mengingatkan satu sama lain bahwa ini bukanlah tujuan, tapi yang terpenting proses dan perjalanannya," katanya. 
 
Perubahan penampilan pascadiagnosis kanker merupakan fase yang sulit bagi hidup Sonali Bendre. Sekarang, dia sangat bersyukur karena mampu melawan kanker yang dideritanya dan berhasil melalui masa sulit itu sebagai survivor.

Aktris yang membintangi film Hum Saath Saath Han ini juga mengatakan operasi kanker yang dilakukan di New York ini meninggalkan bekas luka di tubuhnya sepanjnag 23 inc. Dia diperintahkan oleh dokternya untuk mulai berjalan sesegera mungkin. 

"Hal pertama yang dikatakan dokter adalah kami ingin anda keluar dari rumah sakit secepat mungkin," katanya. 

Sonali menjelaskan bahwa para dokter khawatir dia akan terkena infeksi yang resisten terhadap antibiotik. Oleh karena itu, Sonali pun diperintahkan untuk meninggalkan rumah sakit sesegera mungkin.

“Pasca operasi, ahli bedah saya seperti menyuruh saya untuk berjalan dalam waktu 24 jam. Selama kurun waktu sehari, saya memegangi infusan dan berjalan di koridor. Bagi saya hal itu sulit dilakukan karena saya memiliki luka pasca operasi yang panjangnya sekitar 23-24 inci,” ujarnya. 

Saat ini Sonali Bendre sudah siap membuat debut OTT-nya bersama acara ZEE5 The Broken News.

Editor : Lisvi Padlilah