Charles Leclerc Alami Kecelakaan di GP Prancis 2022, Max Verstappen Sebut Persaingan Belum Berakhir

Fitradian Dimas Kurniawan
Senin 25 Juli 2022 19:43 WIB
Charles Leclerc Alami Kecelakaan di GP Prancis 2022, Max Verstappen Sebut Persaingan Belum Berakhir
Charles Leclerc Alami Kecelakaan di GP Prancis 2022, Max Verstappen Sebut Persaingan Belum Berakhir. (Foto: celebrities.id/Instagram @maxverstappen1)

LE CASTELLET, celebrities.id - Pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen sukses meraih kemenangan di GP Prancis 2022, Minggu (24/7/2022). Namun, dia menyebut jika persaingannya dengan Charles Leclerc masih belum usai.

Pada balapan di Sirkuit Paul Ricard itu, sebenarnya Verstappen memulainya dari posisi kedua. Mobil Red Bull miliknya mampu melaju kencang, namun kesulitan untuk menyalip Charles Leclerc. Namun, insiden besar terjadi pada putaran ke-18. Leclerc membuat kesalahan, sehingga mobil Ferrari miliknya melintir. Tak bisa mengendalikan mobil yang hilang kendali, Leclerc pun menghantam dinding pembatas dan gagal finis.

Berkat kejadian itu, Verstappen terus melaju hingga merebut kemenangan. Walau demikian, bukan berarti kemenangan pembalap berpaspor Belanda tersebut dapat diraih dengan mudah. Pasalnya, insiden yang dialami Leclerc terjadi tiga putaran setelah Verstappen mengganti ban. Sementara Red Bull enggan untuk kembali melakukan pit stop untuk kedua kalinya.

Begitu mengetahui Leclerc mengalami insiden, maka tugas Verstappen adalah menjaga usia ban. Pasalnya, dia harus menggunakan ban yang sama sejak putaran ke-15, sampai finis di lap ke-52. Sementara opsi melakukan pit-stop kedua tidak menjadi pertimbangan. Pasalnya, dengan dengan panjang pit lane yang begitu panjang, waktu yang terbuang cukup banyak, sehingga lebih efisien jika menjaga ban hingga akhir.

“Sejak insiden itu, saya berkonsentrasi menjalani balapan dan menjaga kondisi ban. Pit lane di lintasan ini sangat panjang, dan membuat kami tak menjalani pit-stop tambahan,” kata Verstappen pada rilis resmi Red Bull, Senin (25/7/2022).

Kemenangan ini membuat Verstappen pun makin nyaman berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi poin 233. Leclerc masih menjadi rival terdekat. Namun, kini jarak antara keduanya menjadi 63 angka.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra