Chef Axhiang Tekuni Bisnis Nasi Padang Kekinian, Ngaku Ingin Lestarikan Kuliner Nusantara

Ahmad Haidir
Sabtu 14 Mei 2022 23:30 WIB
Chef Axhiang Tekuni Bisnis Nasi Padang Kekinian, Ngaku Ingin Lestarikan Kuliner Nusantara
Chef Axhiang ingin memperkenalkan Nasi Padang ke internasional. (Foto: celebrities.id/Ahmad Haidir)

JAKARTA, celebrities.id – Axhiang Lee Yan yang merupakan jebolan ajang kompetisi memasak terbesar di Tanah Air yakni MasterChef Indonesia (MCI) Season 4 yang tayang di tahun 2015 kini punya kesibukan baru. 

Koki cantik yang akrab disapa Chef Axhiang ini memutuskan untuk menekuni bisnis di bidang kuliner dengan menghadirkan 17 varian masakan Padang yang dikemas secara modern yakni dengan konsep restoran berjalan atau Food Truck. 

Restoran tersebut baru saja diluncurkan PT Harmoni Semesta Boga di Karawang, Jawa Barat, pada awal Desember 2021 lalu dan menyajikan hidangan khas Nasi Padang namun diberikan sentuhan kekinian seperti adanya topping tambahan mozzarella di semua menu hingga kemasan box yang ringkas. 

Saat ditanya alasannya mengapa memutuskan mendirikan bisnis Nasi Padang dengan konsep kekinian, Chef Axhiang mengaku bahwa hal itu didasari oleh dua alasan, yakni kegemarannya menyantap masakan Minang hingga keinginan untuk melestarikan kuliner Nusantara

“Kebetulan aku seneng makan masakan Minang, jadi ya aku mencoba mengkreasikan banyaknya masakan minang itu kedalam sentuhan modern,” ujarnya dalam acara jumpa pers Chef Expo 2022 di Holywings Tanjung Duren, Sabtu (14/5/2022).

“Apalagi di era saat ini, kita tahu sendiri banyak sekali makanan luar negeri yang masuk dan yang terlihat itu selalu makanan-makanan tersebut. Nah jadi kita harus melestarikan kuliner Nusantara dengan menyesuaikan zaman,” ujar Chef Axhiang. 

Chef cantik yang berhasil menembus babak 5 besar di ajang MasterChef Indonesia Season 4 ini lantas berharap bahwa keikutsertaannya sebagai anggota Indonesia Chef Association (ICA) bisa turut membantu untuk melestarikan hingga mempromosikan kuliner Nusantara.

Editor : Hadits Abdillah