Cimahi Siapkan Ribuan Dosis Vaksin Flu Burung dan Rabies, Sasar Hewan Peliharaan

Icon CameraAdi Haryanto
Rabu 18 Januari 2023 23:31 WIB
Cimahi Siapkan Ribuan Dosis Vaksin Flu Burung dan Rabies, Sasar Hewan Peliharaan
Warga sedang vaksin hewan peliharaan mereka sebagai antisipasi munculnya penyakit rabies dan flu burung yang ditularkan dari hewan. (Foto: celebrities.id/Doc. MPI)

CIMAHI, celebrities.id - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Kota Cimahi, mengalokasikan vaksinasi rabies dan flu burung secara gratis untuk hewan peliharaan. 

Tahun ini dialokasikan sebanyak 1.900 dosis vaksin flu burung dan rabies sudah disiapkan untuk mendukung pelaksanaan program tersebut. 

"Tahun ini kami menyediakan 1.900 dosis vaksin, dengan rincian vaksin rabies sebanyak 1.300 dosis, dan vaksin flu burung 600 dosis," kata Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Tita Mariam, Rabu (18/1/2023).

Dia mengatakan, program vaksinasi rabies dan flu burung ini merupakan agenda rutin setiap tahun. 

Sasarannya adalah vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga, sebagai antisipasi munculnya dua kasus tersebut di masyarakat. 

Program ini juga untuk menyasar hewan-hewan peliharaan yang belum sempat divaksin. Mengingat populasi hewan peliharaan di masyarakat bisa saja bertambah setiap tahunnya. 

Sehingga harus dilakukan upaya preventif agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Meskipun tidak ada kasus tapi kewaspadaan tetap harus ditingkatkan," ujar Tita yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan, Cimahi Mita Mustikasari.

Menurutnya untuk vaksin rabies tahun ini jumlah dosisnya lebih banyak, dari tahun sebelumnya. Yakni dari asalnya sebanyak 1.050 dosis ditambah menjadi 1.300 dosis. 

Sementara untuk dosis vaksin flu burung masih sama seperti tahun kemarin atau tidak ada penambahan. 

Lebih lanjut dikatakannya, dari tahun ke tahun minat masyarakat untuk membawa hewan kesayangannya divaksinasi terus mengalami peningkatan. 

Rencananya tahap pertama vaksinasi rabies dan flu burung akan berlangsung di 15 kelurahan.

"Rencananya dilakukan mulai bulan April nanti. Sasaran vaksin rabies dan flu burung di antaranya anjing, kucing, musang, monyet, ayam, bebek, entog, dan angsa," katanya.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News