Cinta Laura Komentari Visi Indonesia Emas 2045: Penting Punya Kompas Moral dan Jadi Agents of Love

Angga Rosa
Sabtu 14 Mei 2022 19:32 WIB
Cinta Laura Komentari Visi Indonesia Emas 2045: Penting Punya Kompas Moral dan Jadi Agents of Love
Cinta Laura sebut Indonesia Emas bisa terwujud jika masyarakat miliki kompas moral dan menjadi agent of Love. (Foto: MPI)

SALATIGA, celebrities.id - Tokoh muda dan juga aktivis sosial Cinta Laura Kiehl memiliki pandangan tersendiri tentang visi Indonesia Emas 2045. Cinta Laura menilai Indonesia bisa menjadi negara yang berdaulat adil dan makmur di tahun 2045 mendatang.

Namun, kata dia, ada sejumlah tantangan yang masih harus dihadapi bangsa ini, seperti masih adanya intoleransi agama, separatisme, ketidaksamaan standar ekonomi dan standar pendidikan yang berbeda dari pulau ke pulau, kota ke kota dan juga desa terpencil. Itu disampaikan Cinta Laura kepada ratusan peserta kegiatan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum, Jumat (13/05/2022) siang. 

“Bagaimana kita mau jadi negara top dunia 2045 jika kita sukanya menghakimi, menjatuhkan atau menjelekkan orang orang-orang atau kelompok yang berbeda dengan kita? Yang kita lihat saat ini mau dalam media atau politik, kadang orang yang punya kuasa mengatasnamakan Tuhan atau suatu kepercayaan untuk mendapatkan popularitas dari kelompok yang suaranya lumayan keras,” katanya.

Cinta Laura yang juga seorang duta antikekerasan terhadap perempuan dan anak ini mengkaitkannya dengan pendidikan di Indonesia yang belum terlalu merata kualitasnya, serta pondasi yang masih harus dikuatkan lagi agar masyarakat, terutama generasi muda tidak gampang terpengaruh cara berpikirnya dengan ide-ide yang penuh kebencian.

“So, bukan hak kita untuk menghakimi siapapun. Dengan knowledge itu, yang harus kita sadari sebagai generasi muda dan sebagai manusia adalah bagaimana kita punya kompas moral yang kuat. Bagaimana kita menghargai dan berbuat baik satu sama lain apapun kepercayaan kita,” tuturnya.

Tak lupa Cinta juga mengajak mahasiswa UKSW khususnya untuk melakukan gerakan ‘Act of Love’, sebuah aksi yang menandai 15 tahun masa berkaryanya di dunia hiburan. Dirinya berharap, gerakan ini bisa mengajarkan generasi muda untuk mempunyai cara berpikir yang lebih sehat dan banyak menyebarkan cinta untuk sesama.

“Mulai gunakan media sosial kalian untuk menyebarkan value positif, pesan yang dapat menginspirasi dan jangan lupa gunakan hastag act of love. Aku ingin mengumpulkan agents of love, so lets be the agents of love,” ujarnya.

Editor : Hadits Abdillah