Ciri-Ciri Vokal Grup dalam Musik, Bentuk dan Contohnya

Iqbal Widiarko
Selasa 03 Mei 2022 13:30 WIB
 Ciri-Ciri Vokal Grup dalam Musik, Bentuk dan Contohnya
Ciri-ciri vokal grup dalam musik. (Foto: celebrities/ Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Ciri-ciri vokal grup dalam musik menjadi penting diketahui saat seseorang berniat untuk membentuk sebuah kelompok musik.

Menyanyikan lagu secara vokal grup dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan variasi vokal yang menambah manis komposisi lagu.

Jenis suara di dalam vokal grup punya peranan penting dalam aransemen lagu. Hal ini karena jangkauan suara para penyanyi berkaitan dengan nada yang tercipta dari sebuah lagu, sehingga dapat membentuk nyanyian yang harmonis.

Tidak hanya berdasarkan pada kualitas vokal, namun juga dance atau gerakan atraktif para penyanyi untuk memaksimalkan penampilan.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (3/5/2022) telah merangkum ciri-ciri vokal grup dalam musik, sebagai berikut.

Ciri-Ciri Vokal Grup dalam Musik

Melansir dari buku Seni Budaya Kelas IX oleh Kemendikbud (2018), berikut merupakan ciri-ciri vokal grup:

1. Vokal grup terdiri dari 3 hingga 10 orang.
2. Vokal grup tidak mempunyai pemandu atau dirigen.
3. Improvisasi dalam penampilan lebih dominan.
4. Vokal grup bebas mengaransemen lagu yang dinyanyikan.
5. Vokal grup lebih ekspresif dalam membawakan lagu disertai koreografi.
6. Vokal grup dapat bernyanyi diiringi musik ataupun tanpa musik.
7. Suara vokal dikategorikan ke dalam beberapa jenis suara yaitu Mezzo-Sopran, Alto, Tenor, Bass dan Baritone.

Bentuk Vokal Grup

1. Duet

Bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh dua orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik. Kelompok vokal duet bisa terdiri dari laki-laki dengan laki-laki atau perempuan dengan perempuan atau campuran yakni laki-laki dan perempuan.

2. Trio

Bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh tiga orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dengan diiringi alat musik.

3. Kwartet

Bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh empat orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

 

1
/
2