Citayam Fashion Week Ditutup, Sandiaga Uno Minta Semua Pihak Hormati Keputusan Pemprov DKI Jakarta

Hadits Abdillah
Selasa 02 Agustus 2022 22:55 WIB
Citayam Fashion Week Ditutup, Sandiaga Uno Minta Semua Pihak Hormati Keputusan Pemprov DKI Jakarta
Sandiaga Uno minta semua pihak hormati keputusan Pemprov DKI jakarta tutup Citayam Fashion Week. (Foto: celebrities.id/Novie Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ditutupnya Citayam Fashion Week (CFW) merupakan kebijakan langsung dari pemerintah provinsi  (Pemprov) DKI Jakarta. Maka hal tersebut perlu dihormati karena diperuntukkan untuk kepentingan bersama.

“Kita harus menghormati keputusan Pemprov DKI Jakarta tersebut, tentunya dengan pertimbangan untuk menjaga ketertiban umum serta dinilai mengganggu lalu lintas,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Selasa (2/8/2022).

Sandiaga melanjutkan, diperlukan diskusi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mencarikan solusi dalam upaya memberikan ruang kreatif bagi para remaja Sudirman-Citayam Bojonggede-Depok (SCBD) yang kerap nongkrong di Kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Selatan. Sehingga akhirnya melahirkan fenomena Citayam Fashion Week. 

Menurutnya, CFW sendiri sebagai bentuk dari event-based tourism yang berdampak langsung pada tempat (venue) maupun ekonomi kreatif subsektor kuliner hingga konten kreator digital. Terkait potensi ekonomi kreatif yang ditimbulkan, maka memerlukan kajian dampak ekonomi, budaya, dan sosial dari event tersebut.

Oleh karenanya, kata Sandiaga, pihaknya akan mengusulkan agar ruang publik Dukuh Atas bisa digunakan untuk ruang berkumpul kalangan remaja untuk menyalurkan ekspresinya dengan pengaturan yang ketat, misalnya, pada hari Sabtu-Minggu pada jam-jam tertentu seperti pengaturan Car Free Day (CFD).

“Kita usulkan kepada Pemprov DKI penggunaan ruang-ruang MRT untuk kegiatan fashion show guna mempromosikan produk fesyen para UMKM. Misalnya, dengan tema ‘fashion on the train’ akan menarik dan bisa kita kaji bersama,” tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah