Coban Dlundung, Napak Tilas Misteri Pemandian Para Bidadari

Sholahudin
Sabtu 22 Mei 2021 07:22 WIB
Coban Dlundung, Napak Tilas Misteri Pemandian Para Bidadari
Coban Dlundung terletak di kaki Gunung Welirang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. (Foto: celebrities.id/Instagram @visit_mojokerto)

MOJOKERTO, celebrities.id - Air terjun selalu menjadi obyek wisata menarik. Namun, kepopuleran wisata air terjun Coban Dlundung menjadi fenomena tersendiri karena banyak diliputi kisah mistis penuh misteri.

Saat pertama kali melangkah di area Coban Dlundung yang terletak di kaki Gunung Welirang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tentu saja udara sejuk dan aliran air nan jernih menyambut. Di balik kesempurnaan tersebut, terbetik kisah tentang sebuah kolam pemandian di area tersebut yang konon menjadi persinggahan para bidadari dan raja-raja Majapahit.

Kolam yang terletak di dataran tinggi tadi ditengarai menjadi cikal bakal air terjun. Dari limpahan air kolam yang tumpah ke bawah bukit, terbentuklah air terjun atau coban. Masyarakat sekitar kemudian menamakannya Dlundung yang berasal dari Bahasa Jawa 'glundung-glundung' bermakna tidak ada hambatan.

Di sekitar lokasi, tepatnya di bawah air terjun tampak dua batu berundak yang konon digunakan bertapa oleh para pasukan Kerajaan Majapahit. Diyakini pula, penampakan tempat tersebut hanya bisa dilihat oleh beberapa orang tertentu saja.

Salah satu pengunjung Coban Dlundung, Muhammad Syakdan mengaku berkunjung untuk melihat berbagai artifak yang diduga peninggalan sejarah Nusantara. "Di samping pohon ada akar menempel pada batu, konon disitulah terdapat harta karun tak ternilai harganya yang ditutup kunci dan pedang emas untuk menghindari tangan-tangan jahil," ujarnya berseloroh.

 

1
/
2