5 Contoh Ekosistem Laut dan Penjelasan Singkat

Icon CameraBertold Ananda
Jumat 25 November 2022 13:04 WIB
5 Contoh Ekosistem Laut dan Penjelasan Singkat
Contoh ekosistem laut. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh ekosistem laut banyak jenisnya dan sangat bermanfaat bagi kehidupan hewan laut.

Ekosistem laut merupakan sebuah siklus kehidupan yang berada di laut yang ditempati oleh macam-macam unsur biotik (hidup) dan non abiotik (tidak hidup). 

Unsur biotik yang terdapat di dalam laut di antaranya berbagai jenis ikan, plankton dan lainya. Sedangkan unsur non abiotik ditempati oleh pasir, batu, terumbu karang, oksigen serta cahaya matahari.

Ekosistem laut harus dijaga kelestariannya karena berperan penting bagi lingkungan di daratan. Selain sebagai tempat kehidupan hewan laut, ekosistem laut juga bisa menjadi objek wisata yang indah.

Lantas, apa saja contoh ekosistem laut

Berikut celebrities.id merangkum dari beberapa sumber, Jumat (18/11/2022) terkait contoh ekosistem laut yang perlu kamu ketahui.

Contoh Ekosistem Laut

Mengutip dari buku Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X karya Diah Aryulina, Dkk pada 2004, penerbit Esis bagian 22 halaman 275, ekosistem laut terbagi atas lima jenis, yaitu ekosistem estuari, ekosistem laut dalam, ekosistem pantai batu, ekosistem pantai pasir serta ekosistem terumbu karang. Berikut penjelasannya.

1. Ekosistem Estuari

Ekosistem estuari merupakan siklus kehidupan yang tempatnya berada di wilayah antara air tawar dan air laut. Dalam ekosistem ini terdapat berbagai hewan yang hidup dan tinggal di dalamnya, diantaranya berupa tanaman hutan mangrove.

2. Ekosistem Laut Dalam

Ekosistem laut dalam menempati posisi kedua dalam siklus kehidupan bawah laut yang paling dalam. Ekosistem tersebut sulit letaknya cukup sulit dijangkau bahkan cahaya matahari tidak mampu untuk menembusnya. 

Ada beberapa contoh aneka hewan yang hidup di ekosistem laut dalam, di antaranya mulai dari predator ganas seperti hiu megalodon, paus pembunuh dan cumi-cumi raksasa.

 

1
/
2