7 Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas dan Penjelasan Lengkap

Bertold Ananda
Jumat 23 September 2022 16:54 WIB
7 Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas dan Penjelasan Lengkap
Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ada berbagai contoh kalimat konjungsi kausalitas yang perlu diketahui dan pahami. Diharapkan sederet contoh kalimat dapat menjadi referensi kamu dalam membuat karya penulisan.

Dalam suatu karya penulisan dibutuhkan penggunaan konjungsi supaya susunan kata dan kalimat memiliki koherensi atau keterkaitan. Kalimat konjungsi dapat kamu temukan dalam percakapan sehari-hari. Dalam penulisannya konjungsi terdapat berbagai jenis, salah satunya yaitu konjungsi kausalitas.

Konjungsi Kausalitas merupakan kata penghubung yang menjelaskan terkait sebab dan akibat dari suatu peristiwa. Konjungsi tersebut kerap dipakai pada cerita naratif yang berfungsi untuk memberikan gambaran suatu peristiwa atau kejadian sosial yang sedang terjadi.

Bagi kamu yang masih belum paham maka jangan khawatir. Sebab pada ulasan berikut ini Celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat(20/09/2022) terkait  beberapa contoh kalimat konjungsi Kausalitas.

Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas

Konjungsi Kausalitas berfungsi sebagai kata yang menghubungkan dua atau lebih klausa dan masuk dalam konjungsi koordinatif. Beberapa contoh kata penghubung dalam konjungsi kausalitas meliputi sebab, karena, jika, lantaran, akibatnya, sehingga, oleh sebab itu, oleh karena itu.

Bagi kamu yang belum memahami makna dalam ulasan berikut celebrities.id akan memberikan beberapa contoh kalimat konjungsi Kausalitas.
 

  1. Itulah sebabnya dia terlalu malas di masa muda akibatnya dimasa tua ia menjadi sengsara dan terlunta-lunta tak berdaya
  2. Petrus mendapatkan nilai jelek pada pelajaran Bahasa Inggris, oleh karena itu dia hari ini tampak murung
  3. Guru menghukum Niki sebab dia tidak mengerjakan PR.
  4. Dodit dan teman-temannya sedang pergi kerumah Iyas karena diberi banyak makanan
  5. Jika kamu ingin bepergian ke Puncak, jangan lupa untuk membawa jaket supaya tidak kedinginan
  6. Lantaran terlambat masuk kerja, Beverly  mendapat teguran oleh atasannya
  7. Bimo memberi pukulan sangat keras sehingga membuat Paris menjadi pingsan

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra