10 Contoh Konflik Vertikal dan Horizontal yang Terjadi di Masyarakat

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Kamis 26 Januari 2023 11:54 WIB
10 Contoh Konflik Vertikal dan Horizontal yang Terjadi di Masyarakat
Contoh konflik vertikal dan horizontal yang terjadi di masyarakat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh konflik vertikal dan horizontal yang terjadi di masyarakat pernah kita lihat atau alami tanpa disadari.

Konflik merupakan proses sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Konflik terjadi karena adanya perbedaan atau kesalahpahaman antara individu atau kelompok masyarakat yang satu dan individu atau kelompok masyarakat lainnya.

Mengutip dari lama E-learning Menlhk, konflik merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan hal-hal seperti status, nilai, otoritas, kekuasaan dan lain-lain. Tidak hanya untuk mendapat keuntungan saja, konflik terjadi untuk menundukkan saingannya dengan kekerasan atau ancaman. 

Konflik dalam masyarakat terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya konflik sosial berdasarkan posisi pelaku. Konflik sosial berdasarkan posisi pelaku dibedakan menjadi dua yaitu konflik vertikal dan konflik horizontal.

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (26/1/2023), celebrities.id telah merangkum contoh konflik vertikal dan horizontal sebagai berikut.

Pengertian Konflik Vertikal dan Horizontal

Melansir dari laman Digital Library Universitas Islam Surabaya, pengertian konflik vertikal adalah konflik yang terjadi antar tingkat kelas atau antar atasan dan bawahan. Lebih jelasnya konflik yang terjadi antar golongan rendah dengan golongan yang lebih tinggi.

Sedangkan pengertian konflik horizontal dikutip dari laman E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah konflik yang umum terjadi di masyarakat antar individu atau kelompok yang memiliki kedudukan relatif sama, seperti pertikaian antara sesama masyarakat, sesama organisasi hingga tawuran oleh mahasiswa. Konflik horizontal terjadi karena adanya persaingan antar pihak yang memiliki kepentingan yang sama namun sifatnya terbatas.

Contoh Konflik Vertikal dan Horizontal

1. Kasus Kerusuhan di Poso

Kasus kerusuhan di poso contoh konflik horizontal. Konflik ini terjadi di Sulawesi Tengah antara pendatang muslim Bugis dengan etnis Protestan. Konflik ini meluas hingga menjadi konflik agama.

2. Kasus Sampit di Kalimantan Tengah

Kasus sampit adalah contoh konflik horizontal. Kasus yang terjadi antara suku Madura (transmigran) dengan suku Dayak asli. Konflik ini memakan banyak korban sehingga harus ditangani dari berbagai pihak lainnya.

3. Kerusuhan Ambon 2011

Kerusuhan Ambon adalah contoh konflik horizontal yang terjadi tahun 2011. Konflik ini bermula karena peristiwa kecelakaan dan membutuhkan bantuan pemerintah hingga kepolisian supaya lebih kondusif.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2