Contoh Nilai Keindahan dalam Masyarakat, Salah Satunya Aspek Kemegahan

Iqbal Widiarko
Sabtu 24 September 2022 08:09 WIB
Contoh Nilai Keindahan dalam Masyarakat, Salah Satunya Aspek Kemegahan
Contoh Nilai Keindahan salah satunya aspek kemegahan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh nilai keindahan dalam masyarakat sering muncul sebagai bentuk pujian atau penilaian tentang suatu objek. Disamping itu, kata keindahan kerap kali dikaitkan dengan sebuah seni. Sebab seperti yang ditemui di masyarakat, setiap karya seni memiliki nilai-nilai keindahan di dalamnya.

Keindahan adalah bagian penting dari manusia yang tidak pernah lepas dari kehidupan sosial. Faktor keindahan akan dapat berdampak positif bagi psikis manusia dan membuat mood kita menjadi baik.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (24/9/2022), telah merangkum contoh nilai keindahan, seperti berikut.

Pengertian Nilai Keindahan

Nilai keindahan dalam masyarakat membentuk keseimbangan yang mengantarkan manusia pada kehidupan lebih harmonis. Keindahan dalam masyarakat dimaknai dengan sifat atau perangai manusia, seperti tindak-tanduk dan tutur kata seseorang itu indah. Nilai keindahan mencerminkan estetika dan kebudayaan.

Contoh Nilai Keindahan dalam Masyarakat 

1. Elegan (Elegant) 

Elegan atau keanggunan dapat dimaknai sebagai keindahan yang menerangkan keefektifan dan kesederhanaan yang tidak biasa.

Keanggunan sering dipakai sebagai standar selera, khususnya dalam desain visual, seni dekoratif, sastra, sains dan estetika matematika.

Keanggunan juga merupakan salah satu nilai estetika yang paling bergantung pada perubahan sosial. Contohnya kemeja yang berwarna gelap terlihat elegan.

2. Megah (Magnificent)

Kemegahan adalah representasi dewa dan bahkan penguasa (seperti raja, ratu, presiden, paus, dan lain sebagainya) untuk menunjukkan suatu keagungan. Contohnya yaitu potret Ratu Elizabeth II.

 

1
/
2