3 Contoh Teks Berita yang Mengandung Unsur 5W 1H

Icon CameraBertold Ananda
Senin 08 Agustus 2022 17:33 WIB
3 Contoh Teks Berita yang Mengandung Unsur 5W 1H
Contoh teks berita singkat dapat menjadi acuan penulisan yang tepat dalam menyusun informasi. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks berita yang mengandung unsur 5W 1H bisa kamu jumpai dalam media cetak maupun online.

Seperti diketahui, dalam membuat teks berita yang baik dan benar sudah seharusnya mengandung unsur 5W+1H didalamnya. Unsur tersebut mewakili apa (what), siapa (who), kapan (when), di mana (where), mengapa (why), dan bagaimana (how).

Hal itu dilakukan supaya hasil penulisan teks berita dapat tersampaikan dengan jelas dan lengkap kepada khalayak masyarakat luas.

Maka dari itu dalam pembuatan teks berita tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab teks berita tidak hanya mengandalkan isi peristiwa atau kejadian yang terjadi secara realtime saja, akan tetapi gaya penulisan dan unsur 5W+1H juga perlu diterapkan.

Lantas, bagaimana cara menulis teks berita yang baik dan  benar dengan mengandung unsur 5W 1H? 

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Senin (8/8/2022) terkait contoh teks berita yang mengandung unsur 5W 1H.

Contoh Teks Berita yang Mengandung Unsur 5W 1H

1. Contoh Teks Berita yang Mengandung Unsur 5W 1H

9 Rumah Warga Kebakaran, 1 Mobil Turut Ludes Terbakar

Sebanyak sembilan rumah dan satu unit mobil mini bus ludes terbakar di Jalan gereja, Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, pada Jumat (5/8/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.  Tiga unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian. 

Api cepat menyala dan membesar dikarenakan banyak rumah yang terbuat dari bahan kayu, dan bisa dipadamkan dua jam kemudian. Guna mencegah api merembet ke bangunan lain, dua unit rumah terpaksa dirusak menggunakan alat berat. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp 1 miliar. "Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu," ujar salah seorang warga bernama Ziko Solin. Saat ini, lokasi kebakaran sudah dipasang garis polisi guna dilakukan penyelidikan terkait penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

What (apa):
Peristiwa kebakaran menghanguskan sembilan rumah dan satu unit mobil. 

When (kapan): 
Jumat, 5 Agustus 2022 sekitar pukul 01.00 WIB.

Where (dimana):
Jalan gereja, Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Who (siapa): 
Seorang warga bernama Ziko Solin.

Why (mengapa): 
Api cepat menyala dan membesar dikarenakan banyak rumah yang terbuat dari bahan kayu.

How (bagaimana): 
Guna mencegah api merembet ke bangunan lain, dua unit rumah terpaksa dirusak menggunakan alat berat.

 

1
/
2