2 Contoh Teks Ceramah tentang Kiamat, Singkat dan Mudah Dipahami

Alifia Furaida Salsabila
Rabu 21 September 2022 13:49 WIB
2 Contoh Teks Ceramah tentang Kiamat, Singkat dan Mudah Dipahami
Contoh teks ceramah tentang kiamat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks ceramah tentang kiamat berikut ini bisa menjadi referensi kamu untuk mengisi ceramah di acara keagamaan.

Teks ceramah biasanya mengandung tema tertentu yang disampaikan oleh seorang ahli agama. Adapun tujuannya supaya orang-orang dapat memahami tema atau ilmu yang disampaikan.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (21/9/2022) telah merangkum contoh teks ceramah tentang kiamat sebagai berikut.

Contoh Teks Ceramah tentang Kiamat

1. Contoh Pertama

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puja dan Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang memberikan kesempatan untuk kita semua berkumpul hari ini. Shalawat serta salam kita ucapkan untuk Nabi Muhammad SAW. 

Hadirin, hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT. Sebagai umat muslim kita wajib mengimani rukun iman yang ke 5 yaitu beriman kepada hari akhir. Dunia yang kita tempati hari ini bersifat sementara dan kehidupan yang kekal akan kita rasakan setelah hari akhir di akhirat. Semua perbuatan manusia akan mendapat balasan saat di akhirat, hal tersebut sudah tercatat dalam Al-Quran surat Al-Zalzalah ayat 8:

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ ࣖ

Artinya: "dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya"

Para hadirin dan hadirat, melihat hal demikian membuat kita semua sebagai umat muslim yakin dengan adanya hari kiamat. Hari akhir sudah jelas tertulis dalam Alquran surat Al-Hajj ayat 7 yang berbunyi:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

Berdasarkan firman tersebut, Allah sudah memberikan fakta bahwa hari kiamat pasti akan datang. Saat kiamat, seluruh alam semesta hancur tidak ada tempat untuk bersembunyi. Apabila kita mempercayai adanya hari kiamat, maka kita akan berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk mendapat pahala. Kita juga harus lebih dekat dengan Allah dan menjadi hamba yang lebih taat.

Hadirin dan hadirat yang dimuliakan Allah, demikianlah hal yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhirul Kalam, Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Wr.Wb

 

1
/
2