Contoh Teks Eksplanasi, Definisi dan Bagian-Bagian Pentingnya

Andaru Danurdana
Sabtu 22 Januari 2022 07:58 WIB
Contoh Teks Eksplanasi, Definisi dan Bagian-Bagian Pentingnya
Contoh teks ekplanasi sangat memudahkan untuk memahami sebuah pertanyaan. (celebrities.id/Freepic)

JAKARTA, celebrities.id – Contoh teks ekplanasi sangat memudahkan untuk memahami sebuah pertanyaan.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan faktual tentang sebuah fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan pemahaman mendetil kepada pembaca dan menambah wawasan.

Teks eksplanasi punya tiga bagian penting, yaitu identifikasi fenomena, penggambaran kejadian, dan ulasan. Dalam bagian pertama, penulis teks akan memberikan sebuah kejadian yang bisa diterangkan secara umum; biasanya berhubungan dengan kejadian yang sering ingin diketahui pembaca seperti fenomena alam, fenomena sosial, hingga sejarah.

Bagian kedua teks eksplanasi berisikan penjelasan dari fenomena yang dijelaskan singkat di bagian pertama. Dengan kalimat yang rinci dan juga lebih teknis, bagian ini menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’. Setelahnya, di bagian ke-tiga, teks akan ditutup dengan sebuah kesimpulan dari penjelasan yang ada pada seluruh teks eksplanasi.

Berikut ini contoh teks eksplanasi yang telah dirangkai MNC Portal tentang banjir dan penyebabnya, Sabtu (22/1/2022).

Banjir adalah fenomena alam yang tak lagi asing di telinga kita. Umumnya disebabkan curah hujan yang tinggi dan berdurasi lama pada daerah aliran sungai, banjir juga seringkali terjadi karena campur tangan manusia seperti perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah yang tak pada tempatnya, dan pembangunan rumah penduduk yang terlalu padat dan tak memberikan ruang bagi daerah serapan air.

 

1
/
2