7 Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Banjir

Bertold Ananda
Jumat 05 Agustus 2022 17:59 WIB
7 Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Banjir
Contoh teks eksplanasi tentang banjir. (Foto: celebrities.id/Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks eksplanasi banjir berisi tentang proses sebab akibat terjadinya bencana banjir.

Secara umum, teks eksplanasi merupakan sebuah karya tulisan yang merangkum tentang proses ilmu pengetahuan, budaya, kejadian-kejadian alam, sosial yang terjadi di sekitar kamu, seperti kejadian banjir. Teks eksplanasi berkaitan dengan adanya proses dan sebab akibat dari peristiwa tersebut.

Teks eksplanasi dibuat untuk memudahkan pembaca dalam mengidentifikasi proses terjadinya seluruh rangkaian peristiwa. Oleh sebab itu, dalam membuat teks eksplanasi tidak bisa dilakukan dengan gegabah. Hal itu disebabkan karena adanya sebuah struktur yang harus dipahami terlebih dahulu.

Berikut celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022) terkait contoh teks eksplanasi tentang banjir.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

1. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

- Pernyataan Umum
Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan terjadinya bencana banjir bandang di Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (6/6/2022). Kendati begitu, belum diketahui secara pasti dampak dan ada tidaknya korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menyebutkan bahwa banjir bandang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Di mana air sangat deras dan kencang, yang menyebabkan luapan dari hulu sungai. Banjir berdampak terhadap jembatan penghubung kampung Warung dan Cimundang.

- Interpretasi
"Dampak lainnya dan juga korban, sampai saat ini masih dalam assesment petugas di lapangan," kata Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat H dalam keterangan resminya. Menurut dia, banjir bandang di Ciwidey terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadinya banjir bandang.

Hal itu akibat terjadi over kapasitas pada saluran-saluran pembuang dan terjadinya sedimentasi. pembuangan. "Saat ini BPBD Kabupaten Bandung masih melakukan assessment ke lokasi kejadian. Kami BPBD Jabar juga terus melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk tindakan selanjutnya, " imbuh Hadi.
(Sumber: Sindonews) 

 

1
/
3